Chelsea, Klub Kaya yang Dulu Dijual Cuma Rp17 Ribu

Ken Bates, Presiden Chelsea 1982-2003
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA – Dalam dua dekade terakhir, Chelsea menjelma menjadi salah satu tim kuat Eropa. Dengan dana besar dari sang pemilik, Roman Abramovich, The Blues tak pernah kehabisan untuk membeli pemain bintang.

Leandro Trossard Menyela Ben White dengan Tegas, Akhiri Perdebatan Tentang Bintang Arsenal

Di bursa transfer musim panas ini saja, Chelsea tergolong jor-joran dalam membeli pemain. The Blues udah resmi memboyong Hakim Ziyech dari Ajax Amsterdam seharga 40 juta euro.

Bintang muda Ajax Amsterdam, Hakim Ziyech, melakukan selebrasi usai mencetak gol

Pengakuan Pochettino Usai Chelsea Dibantai Arsenal

Sementara yang diyakini segera datang ialah Timo Werner, penyerang RB Leipzig. Dia mau digaet dengan membayar klausul tebusan senilai 60 juta euro.

(Baca juga: Heboh Mau Hambur Uang, Sekarang Chelsea Kejar Pemain Gratisan)

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League

Banyak yang tak tahu, di masa lalu Chelsea pernah mengalami masalah keuangan. Hal tersebut terjadi pada tahun 1982. The Blues bahkan dijual dengan harga yang sangat murah.

Dilansir berbagai sumber, pada 2 April 1982, pengusaha Inggris, Ken Bates memberikan penawaran kepada pemilik Chelsea sebelumnya, Brian Mears. Dia membeli Chelsea hanya dengan harga 1 pounds atau Rp17 ribu.

Bates memberikan penawaran yang tak bisa ditolak Mears. Dia bersedia melunasi utang klub sebesar 1,85 juta pounds atau setara Rp32,959 miliar.

Singkat cerita, Bates pun mengusung misi besar di Chelsea. Selain melunasi utang klub, dia juga membawa Chelsea kembali ke jajaran papan atas Inggris.

Di musim perdananya, The Blues nyaris saja terdegradasi dari Divisi II ke Divisi III. Di musim 1982/83, Bates memberikan dana kepada manajer John Neal untuk mendatangkan pemain berkualitas.

(Baca juga: 5 Klub Maha Sultan Sebelum Newcastle, dari Chelsea Hingga PSG)

Maka datanglah pemain dari mulai Kerry Dixon, David Speedie, Pat Nevin, Mickey Thomas, Eddie Niedzwiecki dan Nigel Spackman. Chelsea sanggup promosi ke Divisi I atau kasta teratas Inggris saat itu.

Pada 1996, Bates mulai memasukan Chelsea ke pasar saham di Bursa Efek London alias Alternative Investment Market. Setelah itu The Blues mulai mendatangkan pemain top dunia. Gianfranco Zola, Roberto Di Matteo, Graeme Le Saux, Marcel Desailly dan Jimmy Floyd Hasselbaink bergabung ke Stamford Bridge.

Mantan penyerang Chelsea, Gianfranco Zola

Chelsea menjelma menjadi salah satu tim yang diperhitungkan di Inggris. The Blues menjuarai Piala FA di musim 1996/97 dan 1999/00. Mereka juga berhasil mengantongi tiket ke Liga Champions.

Penampilan gemilang Chelsea membuat mereka dilirik investor. Dan pada Juli 2003, The Blues dibeli pengusaha kaya Rusia, Roman Abramovich.

Mau tahu berapa Bates menjual Chelsea? £140 juta atau Rp2,49 triliun. Bates untung besar karena dulu hanya membeli Chelsea sebesar 1 pounds.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya