Performa Erling Haaland Dinilai Jeblok, Guardiola Pasang Badan

Erling Haaland bersama Pep Guardiola
Sumber :
  • Nick Potts/PA via AP

VIVA Bola –  Manajer Manchester City, Pep Guardiola membela Erling Haaland yang dinilai banyak pihak sedang menurun. Ia menegaskan bahwa pemain asal Norwegia itu tidak dapat disalahkan untuk minimnya keterlibatannya pada serangan ManCity, karena segenap anggota tim mestinya bertanggung jawab ketika serangan mereka tumpul.

Haaland telah mencetak 32 gol sepanjang musim pertamanya di ManCity, namun sejumlah pihak menilai The Citizens saat ini kehilangan kepaduan yang mereka miliki sebelumnya dengan kehadiran dia.

Klub Elkan Baggott Selangkah Lagi Promosi ke Premier League

Pemain 22 tahun itu gagal mengemas gol saat mereka ditahan imbang Nottingham Forest dan RB Leipzig sepekan terakhir. Meski demikian Guardiola menolak anggapan rendahnya sentuhan bola per pertandingan Haaland telah memberi dampak kepada tim asuhannya.

"Itu kesalahan kami, bukan Erling. Erling tampil bagus sepanjang musim," ujar Guardiola jelang pertandingan Premier League kontra Bournemouth seperti dikutip AFP, Sabtu 25 Februari 2023.

Arsenal Mulai Kawal Ketat Pemainnya

Manajer Manchester City, Pep Guardiola

Photo :
  • Twitter | BeardedGenius

"Itu bukan metriks, saya tidak perlu metriks untuk mengetahuinya. Ketika saya menyelesaikan pertandingan, sedetik kemudian saya tahu apakah dia terlibat (dalam serangan) atau tidak dan siapa yang mestinya terlibat atau tidak," tambah pria Spanyol itu.

Arsenal Masih Belum Sempurna Meski Menang di Markas Tottenham

Guardiola mengakui timnya harus berkembang untuk dapat membantu perkembangan Haaland di ManCity.

"Penyerang merupakan posisi paling sulit di dunia karena terdapat dua pemain yang fokus kepada mereka, dan Erling memiliki lebih banyak (pemain yang mengawasinya). Tidak mudah untuk melakukan hal itu," tutur Guardiola.

Ia menambahkan, "Saya ingin melihat sepanjang karier saya di sini apakah penyerang kami yang lain, seperti Sergio (Aguero) atau Gabriel (Jesus), ketika mereka bermain sebagai penyerang murni bukan nomor sembilan palsu, berapa banyak mereka menyentuh bola?" (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya