Liverpool Tanggapi Kontroversi Lawan Tottenham Hotspur, Apa Katanya?

Pertandingan Liverpool vs Tottenham
Sumber :
  • AFP/HENRY NICHOLLS

Inggris – Liverpool telah merilis pernyataan setelah adanya kesalahan wasit dalam pertandingan melawan Tottenham Hotspur di Premier League, Sabtu malam WIB 30 September 2023. Gol mereka yang dicetak oleh Luis Diaz dianulir oleh wasit.

Ada Girona dan Aston Villa, 23 Klub Ini Pastikan Tiket ke Liga Champions Musim Depan

Namun wasit tidak menggunakan video assistant referee (VAR) untuk memastikan keputusannya. Tak cuma itu, ada dua pemain mereka yang mendapat kartu merah.

Beberapa jam setelah pertandingan, Badan Wasit Premier League (PGMOL) angkat bicara. Mereka membenarkan adanya kesalahan wasit dalam menganulir gol Liverpool.

Sofyan Amrabat Senang dengan Performanya Bersama Man Utd

Tottenham Hotspur vs Liverpool

Photo :
  • AP Photo/Alberto Pezzali

"Liverpool mengakui pengakuan PGMOL atas kegagalan mereka. Jelas bahwa penerapan hukum permainan yang benar tidak terjadi, sehingga integritas olahraga terpuruk," demikian isi pernyataan, dikutip dari laman resmi klub.

Tiket Timnas Indonesia Mahal, PSSI Minta Maaf

"Kami sepenuhnya menerima tekanan yang dialami ofisial pertandingan, tapi tekanan ini seharusnya dapat dikurangi, bukan diperparah, dengan keberadaan dan penerapan VAR."

"Oleh karena itu, tidaklah memuaskan jika tidak ada waktu yang cukup untuk memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat dan tidak ada intervensi lanjutan."

Tottenham Hotspur vs Liverpool

Photo :
  • AP Photo/Alberto Pezzali

Yang menjadi keberatan dari Liverpool adalah ini dianggap sebagai kesalahan manusia. Bagi mereka, harusnya ada evaluasi dan sikap tegas agar ke depan tidak terulang.

"Kegagalan tersebut telah dikategorikan sebagai 'kesalahan manusia yang signifikan' juga tidak dapat diterima. Setiap dan seluruh hasil harus ditentukan hanya melalui tinjauan dan dengan transparansi penuh."

"Hal ini penting untuk keandalan pengambilan keputusan di masa depan karena ini berlaku untuk semua klub dengan pembelajaran yang digunakan untuk melakukan perbaikan proses guna memastikan situasi seperti ini tidak terjadi lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya