4 Dampak Pengurangan Poin Premier League bagi Chelsea dan Mauricio Pochettino

Chelsea
Sumber :
  • Pixabay

London – Jeda internasional dimulai dengan peristiwa penting bagi Chelsea. Seminggu setelah dua pertandingan paling dramatis dan tak terduga musim ini, mungkin yang pernah terjadi, The Blues sekarang dihadapkan pada kekhawatiran serius.

Arsenal Masih Belum Sempurna Meski Menang di Markas Tottenham

Dilaporkan pada Rabu oleh The Guardian bahwa pertanyaan lebih lanjut tentang masa jabatan Roman Abramovich muncul setelah terungkapnya dokumen yang menunjukkan adanya pembayaran rahasia yang mungkin melanggar aturan permainan keuangan yang adil. Ini tidaklah satu-satunya penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap Abramovich.

Oligarki Rusia, yang menjual klub pada tahun 2022 ke konsorsium yang dipimpin oleh Todd Boehly dan Clearlake Capital setelah dikenai sanksi oleh pemerintah Inggris menyusul invasi Vladimir Putin ke Ukraina dan dugaan hubungan antara keduanya, juga menjadi pusat penyelidikan FIFA sendiri.

Afrika dan Eropa Lengkap! 26 Tim Ini Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Chelsea telah dihukum dalam beberapa tahun terakhir karena aktivitas sepakbola terkait dan diberi larangan transfer pada tahun 2019 karena metode mereka dalam merekrut pemain muda. 

Sekarang mereka sedang diperiksa atas penyimpangan keuangan yang dilaporkan sendiri oleh pemilik saat ini awal tahun ini terkait dengan transfer yang dilakukan antara tahun 2012 dan 2019 di bawah kepemimpinan Abramovich.

Ganas, Arsenal Ngamuk di Kandang Tottenham

FIFA, UEFA, dan Premier League dapat memberikan hukuman kepada The Blues jika terbukti bersalah melakukan pembayaran transfer lebih lanjut ke entitas Rusia yang terpisah dari kesepakatan itu sendiri. Skandal terbaru yang melibatkan Abramovich melibatkan puluhan juta pound yang disalurkan melalui kendaraan lepas pantai milik pemilik sebelumnya.

Pihak yang diuntungkan dari pembayaran tersebut disebutkan termasuk Chelsea sebagai klub, agen Eden Hazard, rekan Antonio Conte, dan pejabat lainnya. Ini tidak hanya meningkatkan kewaspadaan bagi klub yang menolak untuk keluar dari berita, namun juga membuat mereka terbuka terhadap segala macam hukuman.

Beberapa waktu lalu, terungkap bahwa Everton bisa menghadapi pengurangan 12 poin jika melanggar aturan keuangan, sementara Manchester City juga sedang diselidiki dengan 115 dakwaan terhadap mereka. Ini bisa mengakibatkan degradasi, pengusiran dari liga, denda finansial yang besar, atau lebih. 

Larangan transfer juga telah diberlakukan sebelumnya. Pakar keuangan sepak bola Kieran Maguire percaya bahwa keputusan pernyataan dapat dibuat jika klub terbukti bersalah. 

“Jika ada bukti bahwa klub telah menggunakan transaksi pihak ketiga untuk menghindari aturan profitabilitas dan keberlanjutan, maka sanksinya berupa finansial atau pengurangan poin,” jelasnya.

“Yang terakhir lebih mungkin terjadi karena komisi mana pun yang menyelidiki keadaan klub ingin memberikan pencegahan agar pihak lain tidak mengulangi perilaku serupa,” imbuhnya.

Meskipun masih terlalu dini untuk mengetahui bagaimana situasinya, ancaman pengurangan poin tetap menjadi perhatian dan dapat berdampak pada klub. Dikutip dari football.london, berikut empat dampaknya.

1. Tidak ada Liga Champions

Marc Cucurella, Duel Tottenham Hotspur vs Chelsea

Photo :
  • Twitter: Tottenham Hotspur

Hal ini jelas mengingat klub sudah berjuang untuk masuk empat besar atau lima besar tahun ini tanpa kehilangan poin yang mereka miliki. Namun ada satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah bahwa hasil apa pun dari penyelidikan ini mungkin masih memakan waktu bertahun-tahun, jadi kecil kemungkinannya untuk mendapatkan hukuman pada musim ini.

Namun, bayangkan dulu apa yang bisa terjadi tahun ini. The Blues terpaut sembilan poin dari Aston Villa di peringkat kelima, posisi yang diperkirakan akan memberikan tambahan tempat di Liga Champions untuk kompetisi baru musim depan, dan akan terpuruk jika poin mereka dikurangi.

Selisih dengan Tottenham di peringkat keempat adalah 10 poin dan meskipun tim mulai kompak, tampaknya ini merupakan tantangan yang sulit pada tahap ini. 

Segalanya bisa berubah dan tim-tim akan kehilangan poin dalam perebutan tempat di Eropa, tetapi hal itu membutuhkan tingkat konsistensi yang tidak ditunjukkan oleh tim Chelsea mana pun sejak musim dingin 2021.

Tambahkan pengurangan poin pada penghitungan awal mereka di musim mendatang dan itu juga akan segera membuat mereka tertinggal. Ada juga masalah keuangan yang timbul karena kegagalan penyelesaian di Eropa.

2. Kehilangan pemain

Chelsea vs Brentford

Photo :
  • AP Photo/Ian Walton

Kehilangan pemain mungkin merupakan kemungkinan yang harus dihadapi. Meskipun Chelsea berhasil mengurangi biaya mereka secara efektif dalam 12 bulan terakhir, pengeluaran lebih dari £1 miliar (Rp16 triliun) telah terjadi. 

Meskipun pengembalian penjualan senilai £250 juta (Rp4 triliun) memberikan awal yang positif, kebijakan perdagangan pemain yang diambil oleh pemilik dapat terus menghasilkan pendapatan yang signifikan dari penjualan. 

Namun, penting untuk diingat bahwa walaupun telah dilakukan pengurangan gaji, kontrak dengan insentif, dan kesepakatan yang diamortisasi selama hampir satu dekade, Chelsea tetap membutuhkan prestasi di level Eropa. 

Kegagalan untuk setidaknya lolos ke Liga Europa musim ini dianggap sebagai potensi masalah serius, dan berada di luar wilayah Liga Champions dapat menghadirkan tantangan yang lebih besar. Situasi ini dapat memaksa klub untuk menjual pemain yang sebenarnya tidak ingin mereka lepas agar tetap bersaing di puncak. 

Meskipun diperlukan banyak kegagalan untuk mencapai skenario terburuk ini, namun ini memberikan gambaran tentang potensi masa depan Chelsea.

Klub sedang mempertimbangkan untuk menjual pemain di tim utama dan akademi untuk mendapatkan uang tunai dan menyeimbangkan pembukuan, jika keuangan menjadi lebih buruk akibat pengurangan poin dan hukuman maka hal itu bisa meningkat.

3. Masalah penandatanganan

Pemain Chelsea rayakan gol Christopher Nkunku

Photo :
  • AP Photo/Chris Szagola

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Chelsea mungkin akan mengalami kesulitan dalam merekrut pemain. Semua faktor tersebut digabungkan dengan poin terakhir yang akan dijelaskan di bawah ini. Dengan pengurangan poin, masalah keuangan, dan ketidakpastian umum, menjadi semakin sulit untuk menjual visi klub. 

Meskipun mereka berhasil melakukannya musim panas lalu meski finis di peringkat ke-12, hal ini dianggap sebagai pencapaian positif. Namun, berapa lama keberhasilan ini dapat berlanjut masih menjadi subjek perdebatan. 

Pengeluaran Chelsea telah mencapai tingkat yang sulit untuk dipertahankan dalam jangka waktu yang lebih lama, dan dengan ditambahnya situasi seperti ini, memperkirakan bahwa keinginan para pemain dapat tercapai dengan mudah menjadi semakin sulit.

4. Jatuh

Manchester United vs Chelsea

Photo :
  • AP Photo/Dave Thompson

Tantangan terjadi ketika melakukan investigasi dan membahas aspek keuangan dan sanksi sepakbola, karena tidak ada yang tahu dengan pasti apa yang akan terjadi. Selalu ada kemungkinan bahwa segalanya tidak akan berjalan sesuai rencana, dan klub dapat menghadapi risiko kebangkrutan. Banyak kekhawatiran terkait masa depan klub setelah diambil alih hampir 18 bulan yang lalu.

Meskipun awal kepemimpinan di bawah Boehly-Clearlake berdampak negatif di lapangan, terjadi perubahan besar di seluruh klub, dan hal ini dapat dijelaskan dengan alasan tertentu. 

Meskipun orang dapat memprediksi fluktuasi kinerja, dampak dari perubahan manajerial dan sejumlah transfer baru, dampak dari pengurangan poin, sanksi finansial, atau larangan bermain masih menjadi hal yang tidak pasti dan sulit diukur.

Chelsea pernah mengalami kesulitan membuka megastore atau menerima pendapatan pada tahun 2022. Mereka dilaporkan hanya beberapa bulan lagi menghadapi masalah serius dan tidak dapat menjual tiket tambahan. 

Meskipun situasinya tidak akan sama seperti sebelumnya, dampaknya kemungkinan besar akan terkait dengan bidang sepakbola. Meskipun denda dapat diatasi oleh klub, sanksi terhadap tim dan pemilik yang tidak terlibat dalam kejadian sebenarnya sangat berat. Meskipun ini merupakan situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang pasti adalah bahwa terdapat tantangan besar di depan. 

Dua tahun tanpa berpartisipasi di Liga Champions atau kompetisi sepakbola Eropa dapat dengan mudah menjadi tiga tahun, dan ini dapat meningkatkan tekanan pada pengambilan keputusan, transfer, dan organisasi klub. Kemungkinan akan mengalami pembaikan, namun perjalanan menuju perbaikan mungkin akan sulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya