Kurangi Ketegangan, Timnas Indonesia U-16 dan Malaysia Makan Bareng

Pemain Timnas Indonesia U-16 rayakan gol.
Sumber :
  • VIVA/Rahmad Noto (06-08-18)

VIVA – Tim nasional Indonesia U-16 berhadapan dengan Malaysia dalam semifinal Piala AFF U-16 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis 9 Agustus 2018. Rivalitas tensi tinggi kedua tim coba untuk diredam lebih dahulu.

Mantan Pemain Malaysia Puji Timnas Indonesia: Mereka Kerja saat Kami Istirahat

Ketegangan antara Malaysia dengan suporter Indonesia telah terjadi pada 30 Juli 2018 lalu. Ketika itu, Harimau Malaya berhadapan dengan Thailand di Stadion Joko Samudro, Gresik.

Suporter Indonesia sengaja datang ke Stadion Joko Samudro untuk meneror Malaysia. Sebab, beberapa hari sebelumnya, pemain Malaysia, Amirul Ashrafiq Hanifah, melakukan pelecehan terhadap bendera merah putih.

Seleksi Indonesia U-16, Pemain Langsung Tes Fisik

Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) langsung melontarkan protes. Mereka mengirim surat kepada induk organisasi sepakbola Asia Tenggara (AFF) dan meminta adanya sanksi terhadap Indonesia.

Tak ingin kejadian tersebut berulang kembali, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) melakukan upaya mencairkan ketegangan. Dua pemain Malaysia beserta pelatih diundang makan bersama sekaligus match coordination meeting (MCM).

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

Dari kubu Indonesia, pelatih Fakhri Husaini ditemani oleh Bagus Kahfi dan David Maulana. Mereka tampak menikmati percakapan dengan pemain dan pelatih Malaysia.

"Dua aspek penting yang diajarkan dalam sepakbola terkait nilai kehidupan, yaitu fairplay dan respek. Khusus untuk respek, saya berharap suporter kita yang kemarin sudah luar biasa, kreativitasnya diakui oleh dunia, di sisa pertandingan ini bisa dilanjutkan," ujar Fakhri.

Selama tampil di Piala AFF U-16, suporter selalu berupaya hadir langsung di stadion. Mereka memberi dukungan kepada Garuda Asia untuk bisa tampil lebih baik lagi.

Fakhri mengaku takjub dengan dukungan yang didapat anak asuhnya. Dia mengatakan, mungkin cuma di Indonesia di mana pertandingan U-16 disaksikan puluhan ribu suporter. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya