Kisah Ayunda Dwi Anggraini, Istiqomah Berhijab di Timnas Indonesia meski Dicemooh

Pemain Timnas Indonesia U-19 putri, Ayunda Dwi Anggraini
Sumber :
  • pssi.org

Palembang – Timnas wanita Indonesia tampil gemilang di Piala AFF U-19 2023 yang digelar di Palembang. Garuda Pertiwi menghajar Timor Leste 7-0, lalu menaklukkan Laos 4-1 di laga penyisihan Grup A yang digelar di Stadion Jakabaring, Palembang.

Kubur Rekor Korsel ke Olimpiade, STY Minta Maaf: Mimpi Saya Bawa Indonesia ke Piala Dunia

Di balik kemenangan tersebut, ternyata ada satu pemain Timnas Indonesia yang berhijab. Dia adalah Ayunda Dwi Anggraini.

Sebagai satu-satunya pemain di Garuda Pertiwi Muda yang menggunakan hijab, dirinya bercerita mengenai suka duka, seperti awalnya sempat mengalami kesulitan dalam bergaul dengan rekan-rekan lainnya sesama pemain sepakbola wanita. Hebatnya, Ayunda tetap istiqomah dengan keyakinannya tersebut.

Pemda dan Polres Purworejo Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan di Alun-alun

"Kadang dukanya itu, pernah dipengaruhi dan dicemooh oleh teman, dengan berkata 'eh, jangan pakai hijab, dong' namun itu sama sekali tak menggoyahkan iman dan niat awal saya berhijab, karena bagi saya, hijab itu penting, sebagai saya perempuan muslim. Tapi akhirnya lama kelamaan itu tidak lagi menjadi masalah," ungkap Ayunda dilansir situs resmi PSSI.

Reaksi Pelatih Uzbekistan Usai Lihat Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan

Lalu bagaimana dengan cerita sukanya? Kisah lalu beralih saat ditanya mengenai dua golnya ke gawang Timor Leste. Inilah bagian dari cerita sukanya. 

"Saya tak menyangka sih sebenarnya, ini juga menjadi debut saya di timnas, yang jelas, saya sangat senang sekali, dan karena itu saya bisa menunjukkan ke orang tua saya, kalau saya akan menjadi pesepakbola wanita yang baik," sambungnya.

Lebih lanjut, Ayunda juga menceritakan awal mula menyukai bermain dengan si kulit bundar.

"Waktu kecil saya sering ikut-ikut di desa itu bermain sepakbola dengan laki-laki, terus saat SMP diajak ke Gresik, main di klub, terus akhirnya main di Piala Pertiwi, bersama Persebaya, ikut di Kebumen juga," ungkapnya.

Lalu dia juga mengenang bagaimana upayanya untuk bisa masuk timnas. "Saya masuk timnas ini berawal dari kirim-kirim video, lalu dipromosikan, sampai sekarang ini baru dipanggil. SSB saya dulu bernama Porosda, sekarang di Gresik," kenangnya

Baca berita Soccertainment setiap hari di VIVA.co.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya