Metamorfosis Sempurna Lengkap dari Pengertian, Jenis dan Contoh Hewan

Metamorfosis sempurna
Metamorfosis sempurna
Sumber :
  • Instagram @kidealand

VIVA – Metamorfosis sempurna merupakan salah satu perubahan pada hewan dimana perubahan tersebut berbeda dengan bentuk awalnya. Setiap hewan di bumi ini tentunya akan terus berkembang biak. Keberlangsungan hewan sendiri sangat dipengaruhi oleh perkembangbiakan tersebut. Biasanya hewan akan mengalami kembang biak mulai dari menjadi embrio, proses kelahiran, proses menuju dewasa, berkembang biak hingga mengalami kematian. Hal tersebut perlu kamu ketahui sebagai dasar ilmu pengetahuan alam dan bagaimana hewan dapat berkembang biak. 

Perkembangbiakan hewan terjadi karena proses perkawinan yang terjadi antara hewan betina dan hewan jantan. Metamorfosis sendiri tidak dapat lepas dari proses perkembangbiakan yang dialami pada hewan. Lantas, apa itu metamorfosis? Berikut ini akan dijelaskan dengan lengkap mulai dari pengertian, jenis-jenis dan contoh hewan yang mengalami proses metamorfosis sebelum mengetahui apa itu metamorfosis sempurna. 

Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis merupakan perubahan bentuk atau susunan pada hewan dimana hewan tersebut akan mengalami perubahan bentuk misalnya yang terjadi pada ulat yang kemudian berubah menjadi kupu-kupu. Atau bisa juga diartikan sebagai perubahan bentuk pada hewan yang terjadi selama berlangsungnya perkembangan postembrionik. 

Beberapa hewan yang mengalami metamorfosis bentuk tubuhnya akan berubah dengan bentuk tubuh yang hampir sama. Namun ada juga beberapa hewan yang bentuk tubuhnya akan berubah jauh berbeda dari bentuk sebelumnya. 

Jenis-Jenis Metamorfosis

Setelah kamu mengetahui apa itu metamorfosis maka selanjutnya akan kita bahas jenis-jenis metamorfosis pada hewan. Ada dua jenis metamorfosis yang terjadi pada hewan yakni metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis sempurna terjadi dalam empat tahap sedangkan metamorfosis tidak sempurna hanya terjadi dalam tiga tahap saja. Namun yang akan kita fokuskan pada pembahasan kali ini adalah mengenai metamorfosis sempurna.