Jurus Hemat Energi Saat Tarif Listrik Tinggi

Ilustrasi hemat energi.
Sumber :
  • The Green Times

VIVA – Tarif dasar listrik di Indonesia terus meningkat setiap tahun. Hal ini berimbas kepada 23 juta rumah tangga yang terkena dampak kenaikan dua hingga empat kali lipat.

Toyota Ambil Alih Usaha Baterai Mobil Listrik

Selama ini, konsumsi peralatan rumah tangga yang paling banyak menyedot listrik, antara lain pendingin ruangan (AC), kulkas, pompa air, dan penanak nasi (rice cooker).

Terlebih, hampir sebagian rumah tangga, khususnya yang tinggal di kota, menggunakan mesin pompa air.

Air Bersih Tak Cuma Jernih

PT Panasonic Gobel Indonesia berupaya menjawab kekhawatiran masyarakat akan tingginya TDL dengan pompa air GP-129JPX hemat energi.

Dikatakan hemat energi, karena mampu menekan konsumsi daya listrik hingga 10 persen. Product Marketing Water Pump Panasonic Gobel Indonesia, Rawenda mengatakan, pompa air ini juga memiliki kapasitas debit air yang besar.

Teknologi Ini Unik, Mampu Integrasikan 3 Perangkat

"Pompa GP-129JPX ini juga mampu menghemat biaya listrik sekitar Rp228 ribu dalam satu tahun," kata Rawenda, dalam keterangannya, Selasa 20 Februari 2018.

Selain memiliki kapasitas maksimum yang mencapai 35 liter per menit, GP-129JPX juga dilengkapi bodi antikarat dengan casing cover kuningan yang kokoh dengan profil rib penguat serta tahan abrasi air dan suhu tinggi.

Dengan bahan kuningan yang dilapisi cat emas berkualitas tinggi, Panasonic GP-129JPX hadir dengan tampilan yang elegan serta memiliki berbagai keunggulan.

Pompa ini dilengkapi dengan teknologi thermal protector dan double protection untuk menjaga ketahanan dan keamanan motor.

Fitur thermal protector berfungsi mematikan pompa air secara langsung apabila suhu motor mencapai lebih dari 130 celcius.

“Pompa Air Panasonic GP-129JPX dilengkapi dengan rotor bandel dengan akurasi hingga 30 mikron dan mampu bekerja hingga 8.000 jam," tutur Rawenda.

Dengan fitur double protection, pompa air ini juga dilengkapi dengan stator yang lebih awet, sehingga mencegah hubungan arus pendek atau konsleting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya