Facebook Resmi Tutup Fitur Friend List Hari Ini

Media sosial Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Regis Duvignau

VIVA – Facebook mengumumkan akan menutup fitur Friend List Feed pada Kamis, 9 Agustus, waktu Amerika Serikat atau Jumat hari ini, 10 Agustus 2018.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

"Kami menutup fitur yang jarang digunakan untuk menambahkan pengalaman di News Feed," demikian keterangan resmi Facebook dikutip dari TechCrunch.

Media sosial terbesar di dunia ini menyatakan walaupun Friend List ditutup, namun pengguna masih bisa membuat, mengedit, dan melakukan share pada daftar teman-teman.

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

Friend List Feed merupaka fitur untuk membaca update spesifik pengguna pada News Feed yang terpisah di aplikasi Facebook.
 
Untuk menggunakannya harus membuat daftar teman yang tidak akan pergi atau left. Dalam mengakses fitur ini terdapat bagian bernama Feed di aplikasi.

Di sana akan terlihat daftar Feed yang tersedia berdasarkan daftar teman yang dibuat. Asal tahu saja, Feed ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu, tapi harus dibuat secara manual.

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Pengguna harus membuat daftar, memberi judul, lalu menyusuri teman Facebook satu demi satu untuk di-add. Setelah menambahkan teman, pengguna harus add kembali pada daftar-daftar tersebut.

Sebelum ditutup permanen, Friend List Feed mendapatkan beberapa update. Namun hal itu tidak memancing pengguna untuk memakainya. Bahkan, pada 2011, kabarnya 95 persen pengguna Facebook tidak menggunakan fitur ini.

Akhirnya, Facebook membuat smart list yang akan membuat daftar berdasarkan grup teman yang dibuat secara otomatis. Saat itu Facebook membuat smart list untuk identifikasi beberapa faktor serupa berdasarkan data profil, seperti teman sekolah, kerja serta pengguna yang tinggalnya berdekatan. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya