Instagram, Jalan Sukses bagi UKM di Indonesia

Kantor Pusat Instagram
Sumber :
  • Instagram/@saretta32

VIVA – Perusahaan riset pasar yang berbasis di Prancis, Ipsos, mengatakan media sosial Instagram memiliki dampak besar terhadap usaha kecil menengah atau UKM di Indonesia. Secara global, media sosial berbagi gambar tersebut selalu membawa konsumennya untuk lebih dekat terhadap hal-hal yang mereka sukai.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

"Fitur-fitur yang disediakan Instagram dirancang untuk membuat interaksi pebisnis dan konsumen lebih mudah, nyaman dan menarik," tulis perusahaan dalam keterangan tertulis, Kamis, 20 Desember 2018.

Studi ini melibatkan 3.012 pengguna yang usianya di atas 13 tahun, dan ada 502 pengguna profil bisnis Instagram UKM. Untuk sampel, mereka melakukan wawancara terhadap 102 pebisnis yang dilakukan secara online pada 21 Agustus-6 September 2018.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Mereka yang diwawancarai ialah yang sepenuhnya bertanggung jawab untuk beriklan menggunakan platform Instagram. Dari total UKM yang disurvei, 49 persen mengaku setuju berjualan di Instagram lebih penting dibanding situs web.

Sebanyak 43 persen responden menempatkan platform tersebut sebagai harapan kesuksesan di masa mendatang, 66 persen yakin Instagram bisa mendatangkan pelanggan dari dalam maupun luar negeri, dan 62 persen pemilik usaha menemukan inspirasi usaha lain dari platform ini.

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri

Adapun dari responden pengguna Instagram, 81 persen memanfaatkan platform untuk menggali informasi lebih dalam mengenai produk. 76 persen responden melakukan pembelian, dan 66 persen responden mempertimbangkan transaksi.

Selanjutnya, 87 persen UKM yakin Instagram meningkatkan angka penjualan mereka, karena 82 persen dari mereka menerima pesan pribadi setiap harinya. 65 persen pebisnis setuju bahwa fitur Stories memudahkan mereka dalam memajang produk.

Hasil survei ini membuktikan, Instagram memberi UKM kesempatan yang besar dalam meraih kesuksesan, dengan meningkatkan jangkauan konsumen yang lebih luas, di Indonesia maupun di luar negeri. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya