Logo BBC

Makan Durian Bisa Sebabkan Kematian, Benarkah?

Sebuah penelitian mengungkap, konsumsi durian dalam jumlah tidak wajar sebabkan detak jantung meningkat - NICHOLAS YEO/ GETTY IMAGES
Sebuah penelitian mengungkap, konsumsi durian dalam jumlah tidak wajar sebabkan detak jantung meningkat - NICHOLAS YEO/ GETTY IMAGES
Sumber :
  • bbc

VIVA – Apakah makan durian bisa menyebabkan kematian? Pertanyaan ini muncul setelah seorang sopir angkutan kota di Tangerang, Banten, ditemukan meninggal dunia setelah sehari sebelumnya ia diketahui makan durian dalam jumlah banyak.

Sopir angkutan kota itu ditemukan meninggal dunia dalam keadaan hidung mengeluarkan darah, di Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, pekan lalu.

Sebagaimana diberitakan, kepolisian yang memeriksa sejumlah saksi, mengatakan korban memiliki penyakit darah tinggi.

Dilaporkan pula, sehari sebelum meninggal pada Sabtu (19/01), almarhum "makan durian dalam jumlah banyak".

Penyebab pasti meninggalnya sopir angkutan kota itu tak diketahui "karena tidak ada visum".

Apa dampak durian terhadap tubuh?

Beredarnya kabar kematian sopir angkutan kota itu kembali mendorong pertanyaan yang kerap diajukan: apakah durian bisa memicu kematian.

Menurut Dokter Spesialis Gizi, dr. Samuel Oetoro, jika durian yang dipilih terlalu matang, ada kemungkinan meningkatkan tekanan darah.

"Durian yang terlalu matang mengalami fermentasi, wangi dan kadang timbulkan rasa pahit," kata dr. Samuel kepada wartawan BBC News Indonesia, Silvano Hajid.

Ia menambahkan bahwa durian yang terlalu matang sebabkan `thermogenesis` atau proses meningkatnya suhu tubuh.