Matahari Punya Saudara Kembar yang Lama Hilang

Planet Mars menghadap Matahari.
Sumber :
  • DW

VIVA – Matahari kemungkinan punya saudara kembar yang telah lama hilang. Gagasan ini ditemukan oleh para peneliti yang menyatakan kembaran itu kemungkinan sudah pergi dari orbit ribuan tahun lalu.

Lubang Biru Terdalam di Dunia Ditemukan, Misteri Goa dan Terowongan Tersembunyi

Kedua bintang berukuran raksasa itu kemungkinan telah mengitari Bima Sakti belasan kali sejak saat itu. Catatan soal si kembar ini nampaknya berada di Awan Oort, sebuah lingkungan misterius tempat komet dan barusan luar angkasa berada di luar jangkauan Matahari.

Oort berbentuk bola dengan lubang-lubang yang mengelilingi Tata Surya. Awan ini hanya mendapatkan sedikit gravitasi dari Matahari. Bahkan obyek terjauhnya tidak terkena pusat Tata Surya karena memiliki jarak 100 ribu kali lebih jauh dari Matahari ke Bumi.

Indonesia Terancam Cuaca Panas Ekstrem, Berikut Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat

"Itu adalah setengah jalan dari bintang terdekat, Alpha Centauri," kata penulis studi yang juga astrofisikawan Universitas Harvard, Avi Loeb, dikutip dari laman Live Science, Jumat, 4 September 2020.

Menurut Loeb, jika Alpha Centauri memiliki Awan Oort maka semua akan saling bersentuhan. Para peneliti saat ini juga mengamati obyek itu bahwa kemungkinan ada planet tak dikenal di luar sana. Planet dan asteroid pada Awan Oort juga diketahui terbentuk dalam satu piring datar berisi debu dan gas.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Selain itu ada kemungkinan planet besar di sana. Dikabarkan jika Awan Oort juga memiliki sejumlah obyek di sana. Dengan kasus tersebut, lanjut Loeb, kemungkinan besar Matahari memiliki kembaran. Keduanya bekerja sama untuk menangkap obyek dari luar angkasa.

2 Mahasiswa Psikologi Islam IAIN SAS Babel Raih Prestasi Peneliti Muda Terbaik.

2 Mahasiswa Psikologi Islam IAIN SAS Babel Raih Prestasi Peneliti Muda Terbaik di KNPMPI 2024

Prestasi membanggakan 2 mahasiswa Program Studi Psikologi Islam di IAIN SAS ini diraih dalam Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia ke-8 tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024