Puluhan Mumi Ditemukan di Antartika, tapi Bukan Manusia

Benua Antartika.
Sumber :
  • www.pixabay.com/girlart39

VIVA – Mumi dari binatang penguin ditemukan bertebaran di Antartika Selatan. Ternyata pemandangan itu merupakan hal biasa di sebuah wilayah bernama Laut Ross akibat es yang mencair cepat saat musim panas tiba.

Iran Deklarasikan Bahwa Benua Antartika Kini Milik Mereka

Di sana merupakan tempat tinggal Penguin Adelies, namun akhirnya tidak pernah terlihat selama ratusan tahun. Namun akhirnya mumi binatang itu ditemukan secara tiba-tiba.

Baca: Mengerikan, Separuh Lapisan Es Antartika Bisa Runtuh dalam Sekejap

Geger Orang Kena Tuah Mengerikan Gegara Gali Kuburan Orang Penting Ini

Sebuah penelitian akhirnya menjawab misteri itu. Melansir situs Live Science, Kamis, 8 Oktober 2020, ahli biologi dari University of North Carolina bernama Steve Emslie melakukan studi mengenai hal tersebut.

Ia meneliti tulang, kulit telur dan sampel kulit penguin itu dengan menggunakan analisa radiokarbon. Hasilnya mumi tersebut verusia ratusan sampai ribuan tahun. Dalam 5.000 tahun terakhir, Emslie mengaku jika lokasi itu sudah tiga kali ditempatkan oleh para penguin.

Geger Mayat Terbungkus Kafan Wana-warni Ditemukan dalam Makam

"Selama bertahun-tahun saya bekerja di Antartika belum pernah melihat situs seperti ini. Mumi tidak akan bertahan dalam wilayah berangin kecuali telah terlihat," ungkapnya. Mencairnya es di Antartika memang semakin cepat. Salah satu wilayah yang mengalaminya adalah Semenanjung Antartika.

Emslie pernah menjadi saksi kejadian tersebut saat mengunjungi Pulau King George sepuluh tahun lalu. Wilayah di Semenanjung Antariksa Utara itu memperlihatkan es yang mencari begitu cepat. "Dari satu es terdapat jutaan galon air yang masuk ke lautan setiap harinya. Sangat menyedihkan apa yang terjadi di sini," jelas dia.

Ilustrasi Prajurit TNI

Terpopuler: Militer Indonesia Ditakuti Israel, Inggris Resesi, Mata Cewek Tertancap Spion Motor

Pembaca pada News VIVA, sepanjang Jumat, 16 Februari 2024, memberi perhatian lebih pada berita-berita mancanegara. Diantaranya soal kekuatan militer Indonesia dan Israel.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2024