Mumi Kepala Palsu Ditemukan, Ternyata Mengandung Makna Ini

Mumi kepala palsu ditemukan.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – Para arkeolog di Peru menemukan 73 mumi dari situs makam budaya Wari berumur 1.000 tahun. Beberapa jenazah pria dan wanita dikuburkan menggunakan topeng dari kayu berukir dan keramik, yang dikenal sebagai "kepala palsu".

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Dilansir Live Science, Kamis, 30 November 2023, situs makam tersebut ditemukan di dekat ibu kota Peru, Lima, di situs arkeologi Pachacamac, milik budaya Wari.

Mereka dimakamkan di dekat Kuil Lukis Wari dan dibangun antara tahun 800 dan 1100, saat Kerajaan Wari berkembang di wilayah tersebut.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Mumi Kepala Palsu Ditemukan

Photo :
  • Istimewa

Makam tersebut sudah ada beberapa ratus tahun sebelum Suku Inca menguasai bagian barat Amerika Selatan. Sebanyak 73 mumi dibungkus dengan kain, beberapa di antaranya berwarna-warni, dan tali.

Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Krzysztof Makowski, kepala penelitian arkeologi di situs tersebut dan arkeolog di Universitas Katolik Kepausan Peru, mengatakan, Suku Wari terkenal budaya mumi yang terpelihara baik, karya seni yang rumit, termasuk keramik dan kain yang dirancang dengan rumit.

Mereka juga melakukan pengorbanan manusia dan menggunakan halusinogen selama ritual keagamaan. Keramik warna-warni juga ditemukan di beberapa kuburan. Beberapa jenazah pria dan wanita dikuburkan dengan menggunakan topeng dari kayu berukir dan keramik.

Para arkeolog menemukan dua tongkat kayu di dekat kuburan di sisa-sisa pemukiman terdekat. Kedua tongkat tersebut telah mengukir ikonografi yang menunjukkan bahwa orang-orang di Pachacámac memiliki kontak dengan orang-orang di kerajaan Tiwanaku, sekarang bagian dari Peru, Bolivia, dan Cile.

“Masing-masing tongkat memiliki ukiran yang menggambarkan seorang pejabat yang mengenakan tutup kepala yang mirip dengan yang dikenakan orang-orang di kerajaan Tiwanaku,” kata Krzysztof Makowski.

Mumi Kepala Palsu Ditemukan

Photo :
  • Istimewa

Mumi Kepala Palsu Ditemukan

Photo :
Penggalian di Pachacámac dan analisis sisa-sisanya sedang berlangsung. Dalam bahasa Quechea yang dituturkan oleh penduduk asli Andes, nama Pachacámac berarti "orang yang memberi kehidupan pada Bumi".

Penelitian arkeologi menunjukkan bahwa Pachacámac adalah pemukiman yang relatif sederhana pada masa Kekaisaran Wari tetapi kemudian berkembang pesat pada masa Inca, yang berkembang pada abad ke-15. Situs ini menjadi lokasi utama peribadatan keagamaan pada masa suku Inca pada abad ke-15.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya