Dijamin Tak Terkendala, Ini 3 Cara Unduh Sertifikat Vaksin COVID-19

Cara unduh sertifikat vaksin
Sumber :
  • kalteng.go.id

VIVA – Cara unduh sertifikat vaksin terbilang cukup mudah dilakukan, baik melalui PeduliLindungi atau SMS. PeduliLindungi sendiri adalah aplikasi yang sudah terkoneksi dengan proses vaksinsasi dan menyimpan sertifikat vaksin COVID-19. Sebelum mengunduh sertifikat vaksin, maka kamu harus memiliki akun PeduliLindung dahulu. Selain itu, seperti yang kita ketahui bersama bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Jawa dan Bali terus diperpanjang. Hal ini tentunya berkaitan dengan Perjalanan Orang dalam Negeri di Masa Pandemi Covid-19.

Download Video TikTok Kualitas HD di Ssstiktok: Begini Caranya

Aturan yang dituangkan ke dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menerangkan bahwa para pelaku perjalanan jarak jauh dengan memakai moda transportasi udara, laut, dan darat yang memakai kendaraan pribadi atau umum wajib hukumnya untuk memperlihatkan kartu sertifikat vaksin Covid-19 dengan minimal dosis pertama. SE yang ditandatangani oleh Kepala Satgas Penangan Covid-19 juga mengatur beberapa pihak yang dikecualikan dari beberapa persyaratan perjalanan tersebut.

Pertama, untuk para pelaku perjalanan yang di bawah usia 12 tahun. Kedua, untuk pelaku perjalanan logistik atau transportasi barang lain yang melaksanakan perjalanan dalam negeri untuk wilayah luar Jawa-Bali. Ketiga, untuk para pelaku perjalanan dengan kondisi kesehatan atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak bisa menerima dosis vaksin. Oleh sebab itu, untuk kamu yang sudah divaksin tapi belum mempunyai sertifikat, ada baiknya untuk mengurusnya. Karena, penggunaan sertifikat ini masih sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan. Nah, berikut adalah cara unduh sertifikat vaksin yang disadur dari berbagai sumber.

Gunung Ruang Sulawesi Erupsi, Maskapai AirAsia Batalkan 21 Penerbangan Rute Malaysia

Lantas, Bagaimana Cara Unduh Sertifikat Vaksin?
Cara Unduh Sertifikat Vaksin Melalui SMS

Bila kamu sudah melaksanakan vaksinasi Covid-19, maka kamu akan mendapatkan SMS dari nomor 1199 yang menerangkan bahwa vaksinasi sudah berhasil dilakukan untuk tahap pertama. SMS tersebut akan berisi nama lengkap, nomor NIK, nomor tiket vaksin, dan juga jadwal vaksinasi kedua lengkap dengan tanggal beserta lokasi vaksin. Dalam pesan singkat tersebut juga akan tertera link untuk melihat sertifikat vaksinasi digital untuk bukti bahwa kamu telah melakukan vaksinasi dosis pertama.

17 Bandara Dicabut Status Internasionalnya kerena Kondisinya Begini

Cara Unduh Sertifikat Vaksin Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Sebelum mengunduh sertifikat vaksinasi Covid-19, kamu harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi PeduliLindungi. Kamu bisa mendownload aplikasi tersebut lewat Google Play Store atau Apple App Store. Untuk cara mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 melalui aplikasi PeduliLindungi, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Buka aplikasi PeduliLindungi melalui ponsel kamu dan kemudian isi nama lengkap beserta nomor ponsel di kolom yang disediakan.
Setelah itu, akan ada kode OTP yang dikirimkan lewat SMS
Buka kembali aplikasi PeduliLindungi dan masukkan kode OTP tersebut.
Sesudah membuat akun, kamu akan melihat halaman utama. Nah, untuk mengecek sertifikat vaksin, pilih ikon ‘Profil’ yang berada di sebelah kanan kolom ‘Cari Zonasi’.
Kemudian di menu profil, pilih opsi ‘Sertifikat Vaksin’ kemudian pilih ‘Periksa’.
Pada halaman berikutnya akan terlihat sertifikat vaksin sesuai dosis yang telah diberikan.
Bila ingin mengunduhnya, kamu hanya perlu mengklik salah satu dosis penyuntiukan sertifikat vaksin.
Setelah itu, pilih ‘Ya’ untuk mengunduh sertifikatnya dan tunggu sampai selesai.
Cara Unduh Sertifikat Vaksin Lewat Situs PeduliLindungi

Bila kamu tidak mau ribet mengunduh aplikasi PeduliLindungi, maka kamu juga bisa mendownload sertifikat vaksin Covid-19 dengan cara mengakses situs resmi PeduliLindungi, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Buka situs resmi PeduliLindungi pada link https://pedulilindungi.id/.
Kemudian pada halaman utama, pilih ‘Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi’.
Sesudah di klik, kamu akan diminta untuk menambahkan nomor ponsel yang sudah didaftarakn untuk melaksanakan program vaksinasi.
Langkah berikutmua, tambahkan kode OTP yang sudah dikirim melalui SMS untuk proses vaksinasi.
Sesudah berhasil masuk, pilih menu ‘Sertifikat Vaksin’ yang berada di samping kiri.
Setelah itu, akan muncul sertifikat vaksinasi Covid-19 sesuai dengan dosis yang telah diberikan.

      Halaman Selanjutnya
      Halaman Selanjutnya