Instagram Angkat Jempol untuk Indonesia

Instagram Reels.
Sumber :
  • Instagram

VIVA – Instagram Reels, anak usaha Meta (Facebook), tumbuh pesat di Indonesia sejak rilis pada Juni 2021. Instagram baru saja mengeluarkan daftar tren dan insight Reels.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Media sosial berbagi gambar itu juga akan melakukan uji coba penggabungan format video singkat di Instagram menjadi format Reels.

Instagram Reels menjadi wadah bagi pengguna untuk mengekspresikan diri, membuat tren, menjelajahi minat, bahkan mengubah passion mereka menjadi sumber penghasilan.

Video Pengendara Motor Tertabrak Pikap, Terpental hingga Masuk Selokan

Dalam kurun waktu lima bulan saja, Indonesia sudah menjadi salah satu negara dengan pembuat konten di Instagram Reels paling aktif di dunia. Tab Reels juga tercatat berkontribusi secara signifikan terhadap proporsi waktu yang dihabiskan di Instagram secara keseluruhan.

“Reels merupakan bagian besar dari masa depan konten hiburan di Instagram. Dalam kurun waktu kurang dari 150 hari saja Indonesia menjadi salah satu negara dengan tingkat pertumbuhan Reels tercepat di Asia Tenggara,” kata Country Director Meta Indonesia Pieter Lydian Sutiono, Rabu, 17 November 2021.

Profil Meli Joker Selebgram yang Tewas Bunuh Diri

Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian Sutiono.

Photo :
  • www.finmas.co.id

Data internal Instagram menunjukkan kesuksesan Reels di Indonesia disebabkan oleh kehadiran konten-konten yang dicari pengguna saat ini, yaitu konten yang menghibur.

Fitur ini memberikan konten hiburan yang personal dan sesuai dengan apa yang pengguna suka. Adapun tema konten Reels yang populer di Indonesia adalah komedi, cinta dan keluarga fesyen, meditasi mata, serta doa dan harapan.

Reels tidak hanya diisi oleh video orang-orang menari. Banyak juga pengguna mencari dan memberikan konten-konten hiburan.

Dalam beberapa waktu ke depan, anak perusahaan Meta ini juga akan menguji coba sebuah fitur baru untuk menggabungkan seluruh video singkat dibawah 15 menit menjadi Reels.

Langkah ini merupakan cara bagi Instagram untuk menjawab apa yang diinginkan pengguna, yaitu video-video menghibur yang bisa ditemukan langsung di Feed mereka, serta pengalaman menjelajahi konten video layar penuh dengan kualitas tinggi.

Uji coba akan memudahkan para kreator dalam membuat konten video singkat dan mendorong konten dapat ditemukan oleh audiens yang lebih luas melalui tab khusus Reels.

Selain itu, Instagram juga memudahkan pengalaman pengguna dalam menjelajahi dan menemukan konten video berdurasi panjang dengan menghadirkan tab khusus Video di profil.

“Uji coba ini dirancang untuk membuat pengalaman menonton video di Instagram lebih immersif, layar penuh, dan lebih menyenangkan. Kami sangat senang melihat pertumbuhan Reels di Indonesia dan kami berharap perubahan ini akan mendorong pertumbuhan tersebut lebih cepat lagi bagi semua pengguna Instagram," jelas Pieter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya