Studi: Magic Mushroom Bisa Obati Orang Kena Depresi Berat

Magic mushroom.
Magic mushroom.
Sumber :
  • Medical News Today

VIVA – Magic mushroom, jamur penyebab halusinasi, masuk ke dalam jenis narkoba yang berasal dari tumbuhan. Sekali dilihat sebenarnya jamur ini tidak terlihat spesial atau memiliki unsur “magic” seperti namanya.

Akan tetapi, sebuah penelitian kecil menunjukkan kalau magic mushroom punya dampak positif terhadap pengguna.

Jamur ajaib bernama latin psilocybe cubensis itu diklaim bisa membantu meringankan gejala pada orang yang mengalami depresi yang sulit diobati, menurut sebuah uji klinis.

Awal tahun ini, sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa magic mushroom bisa bekerja dengan baik dalam meredakan depresi sedang hingga berat. Uji coba terbaru dilakukan oleh perusahaan farmasi Compass Pathways asal Inggris.

Konon, hasilnya belum ditinjau rekan sejawat atau diterbitkan dalam jurnal. Jadi perlu tinjauan data lebih lanjut. Uji coba melibatkan 233 peserta dari 10 negara di Amerika Utara dan Eropa.

Para peserta dibagi menjadi tiga kelompok, yang masing-masing menerima dosis psilocybe cubensis berbeda yang berhubungan dengan psikologis.

Semua peserta sudah berhenti konsumsi antidepresan sebelum percobaan dimulai. Sebanyak 79 pasien menerima satu kali dosis 25 miligram obat, 75 menerima dosis 10 miligram, dan 79 menerima dosis 1 miligram.