Dua Peristiwa akan Terjadi Malam Ini

Hujan meteor.
Sumber :
  • www.space.com/Ian Forsyth/Getty

VIVA – Dua peristiwa alam akan terjadi pada Selasa malam ini, 8 Februari 2022. Malam ini akan ada peristiwa puncak dari Hujan Meteor Alpha Centaurid, yang merupakan Hujan Meteor Minor yang arah datangnya tampak berasal dari Rasi Centaurus.

Gegara Bocah Main Petasan, Kap Mesin Mobil BMW X1 Terbakar

Menurut situs Langit Selatan, hujan meteor mulai tampak pada pukul 21:46 WIB dan bisa ditemukan di arah tenggara atau tidak jauh dari Bintang Beta Centauri. Hujan Meteor Alpha Centaurid berlangsung dari 28 Januari hingga 21 Februari mendatang.

Saat intensitas maksimum pengamat bisa menemukan setidaknya 6 meteor per jam atau bisa mencapai 25 meteor per jam yang bergerak dengan kecepatan 58 km per detik.

Misteri Hilangnya Dusun Legetang di Kawasan Dieng, Ratusan Jiwa Terkubur Hidup-hidup

Pada hari yang sama akan terjadi Bulan Perbani Awal. Bulan akan tampak sejak Matahari terbenam sampai tengah malam saat Bulan terbenam.

Dengan begitu maka langit akan bebas cahaya Bulan mulai tengah malam sampai jelang dini hari. Lalu, pada Rabu, 9 Februari, Planet Venus akan mencapai titik yang paling terang pada tahun ini.

Sebut Aksi Terorisme di Indonesia Menurun Menko Hadi: Pemerintah Tak Beri Ruang

Planet tetangga Bumi ini akan bersinar pada magnitudo minus 4.6, yang lebih terang dari apapun selain Bulan dan Matahari.

"Awal dan akhir bulan Februari menjadi waktu terbaik untuk bisa menikmati keindahan langit malam saat Bulan menuju fase Bulan baru. Bima Sakti dapat diamati mulai tengah malam membentang dari Barat laut ke Tenggara," demikian keterangan resmi Langit Selatan.

Setelah Matahari terbenam, akan ada Archenar di Rasi Eridanus, Canopus di Rasi Carina, Sirius di Rasi Canis Major, Rigel dan Betelgeus di Rasi Orion, Aldebaran di Rasi Taurus, Capella di Rasi Auriga, Procyon di Rasi Canis Minor, serta Pollux dan Castor di Rasi Gemini yang bisa diamati sampai tengah malam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya