5 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca, Jangan Panik

Ilustrasi flashdisk.
Sumber :
  • teamgroup.com.tw

VIVA – Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca tentu membuat pemilik panik ketika sedang diperlukan.  Terlebih ketika data yang sedang dibutuhkan itu sangatlah penting, tak jarang membuat pemilik flashdisk panik dan geger sendiri dibuatnya.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

Jangan panik dan berusaha tenang ketika mendapati flashdisk  tak terbaca jadi solusi pertama yang bisa Anda lakukan. Flashdisk atau yang disebut dengan USB Flash Drive ini merupakan salah satu alat untuk menyimpan berbagai berkas serta dokumen penting. 

Penggunaan flashdisk aat ini sudah banyak digunakan oleh berbagai macam kalangan, mulai dari para pekerja, mahasiswa bahkan anak sekolahan saat ini juga sudah menggunakan alat ini untuk menunjang kebutuhannya menyimpan data.

Jangan Coba-coba Jual Laptop dan HP Tua kalau Tak Mau Menyesal

Flashdisk.

Photo :
  • U-Report

Flashdisk paling sering digunakan para mahasiswa dalam mengumpulkan beberapa keperluan data, baik untuk mengumpulkan hingga mencetak tugas. Alat penyimpanan data ini memiliki ukuran rata-rata yang kecil. Meskipun ukurannya yang kecil, flashdisk nyatanya mampu menyimpan banyak data di dalamnya.

Laptop Ini Bisa Bikin Nyaman Mata Pengguna

Sayangnya,flashdisk ini sering mudah terkena berbagai macam virus yang bisa datang dari laptop Anda atau orang lain. Sehingga tak jarang membuat flashdisk jadi rusak dan membuat beberapa data hilang dengan begitu saja.

Lebih parahnya lagi, ketika mendapati flashdisk tidak bisa terbuka padahal banyak tersimpan file-file penting di dalamnya. Tentu saja hal ini bikin kesal dan panik tiba-tiba.

Kasus seperti ini sering kali terjadi pada kalangan mahasiswa yang sedang sibuk mengumpulkan data untuk tugas maupun skripsi. Nah, jika kasus seperti ini terjadi pada flashdisk Anda, jangan panik dan tetaplah tenang cobalah untuk ikuti beberapa cara mengatasi flashdisk tidak terbaca berikut ini.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Cara Format Flashdisk.

Photo :
  • U-Report

Nah berikut ini terdapat cara mengatasi flashdisk tidak terbaca yang bisa kamu praktikkan. 

1. Cek Port Flashdisk di Laptop

Flashdisk.

Photo :
  • Dailymail

Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca salah satunya dengan mengecek port flashdisk pada laptop Anda. Jika kamu mendapati flashdisk tidak terbaca, biasanya ada masalah yang terjadi pada port USB Anda. 

Cara mengatasinya sebenarnya mudah, cukup menghubungkan flashdisk ke port USB lain yang ada pada laptop atau dengan menghubungkan flashdisk dengan komputer lain. Sebelum menghubungkan flashdisk, pastikan lebih dulu port USB Anda dalam keadaan bersih dari debu dan kotoran.

2. Gunakan Computer Management

Cara menghemat baterai laptop.

Photo :
  • pixabay.com

Langkah kedua yang bisa digunakan untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca yaitu dengan menggunakan computer management. Jika langkah sebelumnya telum juga berhasil, Anda bisa menggunakan cara ini. 

Gunakan aplikasi computer management, caranya sangat mudah dan cepat. Cukup menekan kotak pencarian dan ketik computer management, kemudian tekan enter. Kemudian, pilih Disk Management dan klik kanan pada flashdisk. Klik Change Drive Letter and Paths. Setelah itu akan muncul pilihan baru Assign the following drive letter. Lalu pilih huruf yang tertera pada menu dropdon di sebelah kanan, kemudian tekan Ok.

3. Gunakan Tools HDD Low Level Format

Flashdisk.

Photo :
  • U-Report

Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca selanjutnya yaitu dengan menggunakan tools HDD Low Level Format.  Format ini bisa dengan mudah untuk mengatasi flashdisk yang rusak ataupun tidak terbaca sama sekali. Cara satu ini sebenarnya cara yang paling ekstrem untuk digunakan. 

- Colok flashdisk di komputer atau laptop

- Kemudian download software bernama HDDGURU Low Level Format

- Install program tersebut kemudian “Run As Administrator” bagi Windows Vista/7/8

- Pilih USB, kemudian klik opsi Continue

- Setelah proses cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini selesai, kamu bisa melakukan format ulang flashdisk dengan cara format seperti biasanya.

4. Gunakan Device Manager

Cara satu ini bisa digunakan untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca. Cara ini dapat dilakukan jika laptop Anda dapat membaca flashdisk, namun filenya tidak terbaca. Untuk menggunakannya pun sangat mudah, pertama cara Device Manager pada menu pencarian yang ada pada Windows atau dengan menekan ‘Windows + X’ dan pilih Device Manager. 

Setelah itu, pilih Disk Drivers dan cari flashdisk kemudian uninstall flashdisk tersebut.  Langkah terakhir yang jangan dilupakan yaitu, pilih Scan for Hardware Changes untuk memperbarui perubahan pada drive. Kemudian Restart laptop kamu dan coba hubungkan kembali flashdisk-nya.

5.Install Ulang Pengontrol USB 

Kamera flashdisk.

Photo :
  • U-Report

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca terakhir adalah dengan menginstall ulang pengontrol USB.  Cara ini dapat dilakukan jika port USB bermasalah atau rusak.  Caranya pun sangat mudah diikuti. Pertama-tama, tekan logo Windows dan ketik Device Manager. Kemudian cari Universal Serial Bus Controller dan klik kanan. Uninstall Universal Serial Bus Controller, dan restart laptop kamu. Setelah itu, coba hubungkan kembali flashdisk-nya.

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Qualcomm Snapdragon X Plus diciptakan untuk berperforma di laptop-laptop dengan dukungan kecanggihan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024