Lari Tidak Bikin Tubuh Jadi Lebih Tinggi, Fakta atau Mitos?

Siluet pria sedang berlari.
Siluet pria sedang berlari.
Sumber :
  • Times of India.

VIVA – Mitos lari dapat membuat tubuh menjadi lebih tinggi terlanjur menyebar luas. Meskipun, pernyataan tersebut merupakan mitos belaka.

Bahwasanya, kegiatan lari tidak bisa membuat tubuh menjadi bertumbuh lebih tinggi. Namun, lari sangatlah baik bagi otot core dan tulang belakang.

Selain itu sangatlah baik juga untuk mengurangi berat badan. Tiga keuntungan dari lari inilah yang dapat membuat postur tubuh menjadi lebih baik. Alhasil, tubuh para pelari menjadi kelihatan lebih ramping dan panjang.

Aktivitas berlari telah terbukti sangat menguntungkan dalam meningkatkan kualitas postur tubuh. Seiring dengan usia manusia yang bertambah tua tulang pun menjadi lebih lemah dan otot-otot berkontraksi.

Kegiatan berlari ini dipercaya dapat menunda dan mencegah permasalahan ini terjadi, seperti dikutip dari situs livescience, Selasa, 28 Juni 2022.

Lari merupakan latihan yang sangat baik bagi tulang belakang. Berdasarkan riset yang diunggah di Jurnal PLoS bahwa tulang belakang manusia terdiri dari diskus intervetebra yang bertindak sebagai peredam kejut untuk tulang belakang sekaligus juga bagi tubuh.

Normalnya, efektivitas diskus intervetebrata ini akan berkurang sejalan dengan bertambahnya usia. Akan tetapi, peneliti juga menemukan orang yang rutin berlari memiliki proses degenerasi yang lebih lama dibandingkan dengan yang tidak pada saat memasuki usia antara 45 sampai 60 tahun.