10 Tulang Terpanjang di Tubuh Manusia yang Perlu Diketahui

Ilustrasi tulang manusia.
Sumber :

VIVA – Tulang pada dasarnya adalah apa yang memberi bentuk pada manusia, dan tanpanya, kita akan terlihat seperti sekumpulan besar daging yang bergerak. Organ sensitif seperti paru-paru, jantung, otak , dan masih banyak lagi, akan kehilangan perlindungan tanpa tulang. 

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Tulang kita juga membantu kita bergerak untuk melakukan tugas sehari-hari yang diperlukan. Manusia dewasa terdiri dari 206 tulang, sedangkan bayi yang baru lahir memiliki 300 tulang, menarik bukan? 

Selain itu, sumsum tulang di dalam tulang kita bertanggung jawab untuk membuat sel darah merah. Selain itu, tidak hanya tulang yang penting bagi kita, tetapi pada saat yang sama, mereka juga penuh dengan hal-hal menarik.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Jadi, apakah Anda ingin tahu tulang terpanjang di tubuh? Padahal, sebenarnya ada 10 di antaranya yang pasti akan menggelitik rasa penasaran Anda.

1. Femur (Tulang Paha)
Panjang rata-rata: 19,9 inci

Jasad Wanita Tinggal Tulang Ditemukan Ditimbun Dalam Rumah di Makassar, Diduga Dibunuh Suami

Tulang ini memanjang dari pinggul ke lutut untuk menahan beban dan untuk stabilitas gaya berjalan. Ini dapat menahan kekuatan hingga 1.800-2.500 lbs, sehingga menjadikannya tulang terkuat, terberat, dan terpanjang di tubuh. Tulang paha berfungsi sebagai tempat ligamen dan banyak otot menempel. Ini juga membantu pinggul dan lutut menopang postur dan gerakan tegak seperti berjalan, berlari , dan gerakan lainnya. Keras seperti beton, kecelakaan umum yang dapat mematahkan tulang paha sebagian besar terkait dengan kecelakaan mobil.

Tulang paha pada dasarnya menopang seluruh kerangka untuk berdiri tegak. Kita dapat mengatakan bahwa itu adalah fondasi yang kuat yang menjaga semuanya tetap utuh mulai dari otot hingga ligamen. Ini juga mengandung sumsum merah dan kuning yang menciptakan sel induk sumsum tulang dan zat lain yang dibutuhkan untuk menghasilkan sel darah merah. Sel-sel khusus ini sangat penting karena mereka membawa oksigen ke seluruh tubuh.

2. Tibia (Tulang Kering)
Panjang: 16,9 inci

Pernah bertanya-tanya tulang mana yang membantu membuat putaran cepat itu mungkin? Ini sebenarnya adalah tulang kering yang berfungsi sebagai penghubung ke lutut dan pergelangan kaki Anda di setiap ujungnya. Selain itu, ini juga merupakan tulang terbesar ke-2 di tubuh kita dan terletak di kaki bagian bawah. Shankbone adalah nama lain untuk itu. Terakhir, tibia mendukung Femur dan pergelangan kaki untuk gerakan kita sehari-hari, seperti berlari, berjalan, dan melompat.

3. Fibula (Kaki bagian bawah)
Panjang: 15.9 inci

Tulang lain di kaki bagian bawah, Fibula melekat pada Tibia, meskipun tidak seperti itu, fungsi Fibula bukan untuk menahan beban tetapi untuk menopang Tibia dan memberikan stabilitas pada sendi pergelangan kaki. Ligamen menempel pada alur yang dimiliki setiap ujung Fibula. Ligamen ini membantu stabilisasi dan memanfaatkan gerakan pergelangan kaki. Kerusakan atau patah tulang ini biasanya terjadi pada cedera pergelangan kaki .

Bersama dengan Tibia, mereka akan terlihat seperti pin tua dari bros tua yang dikenakan ibu atau nenek Anda selama acara-acara khusus. Menariknya, juga terjadi bahwa Fibula adalah kata Latin untuk bros.

4. Humerus (Lengan atas)
Panjang: 14,4 inci

Terletak di lengan atas antara sendi bahu dan siku dan tulang terpanjang lainnya di tubuh, ini adalah salah satu tulang penting yang sangat Anda butuhkan untuk menghindari retak. Arteri utama berjalan di sepanjang tulang ini. Selain itu, arteri ini memasok oksigen , nutrisi, dan darah ke lengan. Ini juga dianggap sebagai sambungan bola dan soket, di mana bola adalah kepala humerus sedangkan soket adalah skapula.

Humerus berfungsi sebagai titik penyisipan banyak otot penting yang membantu Humerus melakukan gerakan tertentu untuk lengan dan tubuh bagian atas. Secara keseluruhan, ini berfungsi sebagai dukungan struktural untuk lengan.

5. Ulna (lengan bawah bagian dalam)
Panjang: 11.1 inci

Lengan bawah kita terbuat dari beberapa tulang, dan salah satunya adalah Ulna atau lengan bawah bagian dalam. Pertama, tulang ini terhubung dengan tulang Humerus di sendi siku yang memungkinkan kita melakukan gerakan ke siku dan pergelangan tangan. Kedua, Ulna dilekatkan secara paralel dengan Radius untuk membuat sendi radioulnar distal. Terakhir, kasus fraktur Ulna biasanya disebabkan oleh benturan pada permukaan atau benda.

6. Radius (Lengan luar bawah)
Panjang: 10.4 inci

Radius adalah tulang panjang lainnya di lengan bawah. Itu ditempatkan di lengan bawah luar yang melekat sejajar dengan Ulna untuk membentuk sendi radioulnar distal. Ini memutar Ulna untuk membuat gerakan pada sendi radioulnar proksimal dan distal. Tulang ini menempel di 4 tempat yang berbeda yaitu; sendi siku, sendi radioulnar proksimal, sendi pergelangan tangan, dan sendi radioulnar distal. Sayangnya, fraktur radius distal adalah fraktur paling umum yang biasanya terjadi saat jatuh.

7. Riba ke-7
Panjang: 9.5 inci

Tidak seperti mamalia lain, manusia memiliki 12 pasang tulang rusuk. Semua tulang rusuk yang berada dalam 1 sampai 7 disebut tulang rusuk sejati karena mereka memiliki tulang rawan sendiri yang melekat pada tulang dada. Tulang rusuk kita sangat penting karena melindungi jantung , paru-paru, jaringan, dan organ lain di tubuh bagian atas kita. Mereka juga memberikan dukungan struktural untuk otot-otot kita di dada, bahu, dan punggung. Selain itu, tulang rusuk kita ada untuk membantu pernapasan.

8. Rusuk ke-8
Panjang: 9.1 inci

Tulang rusuk ke-8 hingga ke-12 disebut tulang rusuk palsu karena tidak terhubung langsung ke tulang dada. Faktanya, tulang rawan tulang rusuk lainnya menempelkannya ke tulang dada. Tulang rusuk sangat penting, seperti yang disebutkan sebelumnya, tetapi juga bisa mematikan jika terkena benturan. Itu bisa menembus langsung ke organ indera Anda. Apalagi menurut Dr. Martinez dari Dignity Health Medical Foundation di California, bersin atau batuk bisa menyebabkan patah tulang rusuk karena ekspansi otot dada pada tulang rusuk.

9. Tulang Innominate (Tulang Panggul)
Panjang: 7.3 inci

Ada 3 bagian menyatu yang membentuk tulang berbentuk cangkir ini. Mereka adalah ilium, iskium, dan pubis yang melekat pada sakrum pada sendi sakroiliaka ipsilateral, dan dengan Femur pada sendi panggul. Selanjutnya, ada 2 tulang pinggul bergabung bersama di simfisis pubis, dan bersama-sama dengan bagian panggul tulang belakang, membentuk komponen rangka panggul.

10. Tulang Dada (Tulang Dada)
Panjang: 6.7 inci

Terletak di tengah dada Anda dan tulang terpanjang terakhir di tubuh Anda, tulang dada berfungsi sebagai pelindung organ tubuh Anda dari cedera serius. Ini juga berfungsi sebagai tulang seperti jembatan yang menghubungkan tidak hanya tulang selangka dan sebagian besar tulang rusuk, tetapi juga menghubungkan beberapa otot dada dan perut bagian atas. Untuk boot, tulang pipih ini pada dasarnya melindungi jantung, paru-paru, dan pembuluh darah dada. Kecelakaan terkait mobil dan olahraga biasanya merupakan penyebab paling umum dari patah tulang dada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya