Review Notebook MSI Modern 14 C12M, Pas Buat Pelajar dan Pekerja

Peningkatan yang ada di Notebook MSI Modern 14 C12M akan memudahkan pekerjaan para profesional maupun pelajar.
Sumber :

VIVA – Beberapa waktu yang lalu pabrikan MSI (Micro-Star International) merilis sekuel terbaru dari 'sekuel MSI Modern 14'. Ini adalah notebook yang ringan dan portabel, juga berisi pembaruan dari CPU Intel Generasi ke-12.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI

Versi terbaru ini disebut-sebut untuk memberikan kinerja yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Perangkat ini mampu menjalankan program yang mengkonsumsi sumber daya mesin dengan lancar.

MSI Modern 14 C12M juga mempunyai beberapa penyesuaian desain seperti menambahkan tepi karet di bawah bingkai layar, mengatur desain keyboard agar lebih rapi. Tata suaranya masih dengan Hi-Res Audio yang merupakan turunan dari generasi sebelumnya untuk memberikan kualitas suara yang lebih jernih.

Setuju Pembatasan Impor Barang Jadi Elektronik

VIVA Tekno berkesempatan mengulas perangkat ini. Peningkatan yang ada di notebook ini akan memudahkan pekerjaan para profesional maupun pelajar. Simak ulasan di bawah ini:

MSI Modern 14 C12M-060ID telah diinstal dengan Intel Core i5 generasi ke-12 yang membuatnya portabel sebagai notebook kerja untuk semua orang. Ini mudah dibawa kemana-mana serta mempunyai port USB-C 3.2 Gen 2 untuk mendukung pengisian daya termasuk port HDMI, USB-A 3.2 Gen 2 dan pembaca kartu MicroSD.

Jangan Coba-coba Jual Laptop dan HP Tua kalau Tak Mau Menyesal

Selain itu, bobotnya juga terbilang ringan seperti model generasi sebelumnya. Model baru ini memiliki berat 1,4 kg, sehingga mudah untuk dibawa-bawa. Sama seperti sebelumnya, di perangkat ini juga masih terdapat dua port USB 2.0.

MSI masih menawarkan kapasitas baterai 39Whr dengan fast charging yang bisa mengisi hingga 60 persen dalam 53 menit menggunakan adaptor bawaan 65W. Selain itu pengguna juga bisa menggunakan USB-C untuk mengisi daya.

Desain

Dari segi desain, model ini hampir sama seperti Modern 14 generasi sebelumnya. Tetapi untuk yang terbaru perusahaan yang berbasis di Taiwan ini telah mengubah sedikit desain perangkat untuk lebih menekankan tingkat kepraktisan.

Di bagian mesin, akan ada stiker yang menunjukkan CPU di sisi kanan di bawah sandaran tangan. Mereka juga masih membawa basis dari Modern 14 generasi sebelumnya yakni layar datar 180 derajat.

Selain format layar datar, hadir juga fitur Flip-n-Share untuk membalik tampilan layar. Kedua fitur ini akan berguna saat user ingin menunjukkan hasil kerja ke seseorang di depannya tanpa harus memutar layar notebook, cukup dengan menekan tombol F12 agar visual layar bisa dibalik saat laptop membentuk sudut 180 derajat.

Layar

Sedangkan untuk layar, MSI Modern 14 C12M didesain dengan bezel ultra tipis di sisi kiri dan kanan untuk memberikan area tampilan yang lebih luas. Meski begitu, mesinnya masih kecil dan mudah dibawa-bawa. Resolusi layarnya masih Full HD dengan panel IPS Level.

Keunggulan dari panel IPS Level adalah sudut pandang layar selebar 178 derajat, di mana MSI Modern 14 C12M dapat melihat dari sudut manapun. Layarnya juga tidak terlalu terang.

Sementara itu Gamut warna layar diuji dengan Calibrite ColorChecker. Tingkat kecerahan layar bila disesuaikan hingga 100 persen akan menjadi cerah 344.54 cd/m2, yang mana kecerahan ini dianggap cukup terang untuk melawan sinar Matahari.

Sama sekali tidak ada layar gelap saat terkena cahaya sekitar. Namun ketika bekerja di kantor atau gedung, disarankan untuk mengatur kecerahan hingga 70 persen sehingga menjadi cukup terang dan tidak terlalu gelap.

Keyboard


Keyboard dari MSI Modern 14 C12M merupakan keyboard tanpa kunci seperti model sebelumnya, dengan jarak tombol 1,5mm dan LED Backlit built-in yang membuat mengetik dalam cahaya redup jauh lebih nyaman.

Ada juga lampu LED biru pada tombol Power serta Caps Lock. Poin menarik lainnya adalah MSI menambahkan titik penanda pada tombol W dan J untuk menandakan penempatan jari pada notebook.

Touchpad dari perangkat telah sedikit diperbesar, menambah ruang saat menyeret kursor mouse agar lebih nyaman digunakan. Desainnya menyembunyikan tombol klik kiri dan kanan dan sepenuhnya mendukung kontrol gerakan Windows. Touchpad juga masih cepat dan responsif.

Perangkat lunak

Seperti yang sudah disebutkan di atas, CPU dari notebook ini di-upgrade ke Intel Generasi ke-12 Alder Lake. Sedangkan Kartu grafis built-in ditempati oleh Intel Iris Xe Graphics onboard.

Prosesor ini terdiri dari dua jenis inti CPU ialah P-Core atau performance core untuk menjalankan aplikasi berat dan performa responsif. Lainnya adalah E-Core atau efficient core untuk tugas-tugas ringan.

 Untuk kapasitas penyimpanan, MSI Modern 14 C12 M mengandalkan RAM 8GB DDR4 3200MHz on-board dan penyimpanan 512GB NVMe PCIe Gen 3 SSD.

Pada perangkat terdapat aplikasi MSI Center Pro, merupakan modul yang akan membuat pengguna tidak memasang seluruh software yang biasanya terdapat dalam satu paket. Sehingga mereka bisa menghapus fungsi atau alat yang tidak diperlukan.

Perlu tambahan informasi juga kalau MSI Center Pro bisa menyesuaikan dan mengoptimalkan sumber daya sistem untuk berbagai skenario dan kebutuhan.

Adapun keterangan yang diberikan mencakup spesifikasi dan status CPU, GPU, ukuran memori, kecepatan kipas, kapasitas SSD bahkan kecepatan transmisi data internet.

Pada halaman My Device, user juga akan menemukan informasi berupa nama, model, nomor seri, tanggal pembelian, dan status garansi produk.

Kesimpulan

MSI Modern 14 C12M mempertahankan karakteristik notebook yang ringan dan portabel. Oleh karena itu, perangkat jinjing ini cocok untuk orang-orang yang harus sering membawa notebook.

Terlebih saat ini ada beberapa kantor yang menerapkan sistem work from anywhere (WFA), perangkat ini pun ideal digunakan pelajar karena beratnya hanya 1,4 kg.

Dari segi kepraktisan, pengguna juga bisa mengandalkan colokan GaN untuk mengisi daya laptop dengan adaptor USB-C jika tengah malas membawa adaptor bawaan yang bisa mengambil porsi besar di dalam tas.

Ini menjadi seri MSI yang paling terjangkau karena dibanderol dengan harga Rp10.499.000. Dengan harga tersebut penggguna sudah mendapatkan segudang fitur yang bisa dimanfaatkan untuk para profesional.

MSI Modern 14 C12M dapat dibeli secara daring pada platform https://msi.gm/vivamodern14on atau secara luring jika Anda ingin terlebih dahulu merasakan sensasi luar biasa dari perangkat ini di https://msi.gm/vivamodern14off. Informasi selengkapnya dari model ini bisa dicek di sini https://msi.gm/vivamodern14.

Spesifikasi MSI Modern 14 C12M-060ID

Layar : 14 inch FHD (1920x1080), IPS-Level, Thin Bezel
GPU : Iris Xe Graphics
CPU : Alder Lake i5-1235U
KB backlight : Single backlight KB (White)
Memori : Onboard DDR IV 8GB (3200MHz)
Penyimpanan : 512GB NVMe PCIe Gen3x4 SSD
WLAN : Intel Wi-Fi 6 AX201(2x2 ax) + BT5.2
OS : Windows 11 Home
Baterai : 3 cell, 39Whr
Warna : Classic Black

Garansi : 2 tahun
Harga : Rp10.499.000

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya