Setelah Sempat Terjun Bebas, Pendapatan Netflix Perlahan Kembali Naik

Netflix.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Tekno – Pendapatan Netflix kembali naik lagi setelah sebelumnya sempat mengalami penurunan pada tahun 2022 ini.

Tanpa Dialog, Film Thriller 'Monster' Tayang di Netflix Mulai 16 Mei 2024

Tercatat perusahaan streaming asal Amerika Serikat (AS) itu berhasil meraup sebanyak 2,41 juta pelanggan berbayar hanya dalam tiga bulan terakhir, mengutip dari situs Gizmodo, Rabu, 19 Oktober 2022.

Hal ini diumumkan langsung oleh perusahaan tersebut dalam laporan keuangan kuartal ketiga tahun 2022, yang dimana peningkatan pelanggan lebih dari cukup untuk menebus penurunan keanggotaan yang terjadi pada layanan streaming awal tahun.

Jadi Trending Topik, Deretan Scene Queen of Tears Episode 10 yang Menguras Hati

Kembali pada bulan Juli, perusahaan memperkirakan akan menambah satu juta pelanggan baru pada kuartal ini, mengandalkan rilis seri populer seperti paruh kedua musim keempat Stranger Things dan musim kelima Cobra Kai untuk menarik pelanggan baru.

Selain peningkatan jumlah pelanggan baru, Netflix juga melaporkan pendapatan di atas ekspektasi, sekitar US$7,9 miliar atau sekitar Rp122,4 triliun yang meningkat sekitar 5,9 persen dari waktu yang sama tahun lalu.

Plot Twist hingga Kreator Handal, Ini 5 Alasan Kamu Harus Nonton 3 Body Problem

Sayangnya, laba perusahaan masih turun sekitar 3 persen dari 30 September 2021. “Setelah paruh pertama yang menantang, kami yakin kami berada di jalur untuk mempercepat pertumbuhan,” tulis perusahaan dalam surat resminya.

Selama berbulan-bulan sekarang, raksasa streaming itu menghadapi kesulitan keuangan.  Pada pertengahan April 2022, perusahaan melaporkan kehilangan pelanggan pertamanya dalam satu dekade pada saat analis memperkirakan keuntungan lebih dari dua juta.

Sahamnya anjlok dan kemudian, perusahaan memberlakukan beberapa PHK besar-besaran, memotong ratusan karyawan, dan mulai mengeluarkan peringatan tentang tindakan keras berbagi kata sandi di masa depan, serta kemungkinan iklan di platform.

Kuartal kedua tahun 2022 juga bukan pertanda baik bagi Netflix karena jumlah pelanggan terus menurun. Setelah jumlah pengguna ganda, perusahaan mulai menguji dan mengisyaratkan berbagai versi dan fitur dari berbagi kata sandi yang diusulkan dan perubahan iklan.

Sebagai informasi tambahan, beberapa waktu lalu Netflix juga menghadirkan paket berlangganan dengan dukungan iklan yang secara biaya lebih murah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya