CEO Apple Tim Cook Tertarik Jadi Pemilik Baru Manchester United

Markas Manchester United, Old Trafford.
Sumber :
  • Daily Mail

VIVA Digital – Raksasa teknologi Apple dikabarkan tertarik untuk membeli klub sepakbola asal Inggris, Manchester United (MU), dengan harga 5,8 miliar Poundsterling atau setara Rp109 triliun.

Apple Bagi-bagi Undangan

Pemilik Setan Merah, julukan MU, Keluarga Glazer telah menyampaikan bahwa keinginan menjual klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut muncul setelah banyak fans Manchester United meminta mereka untuk pergi.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Keluarga Glazer

Photo :
  • Instagram: gianboni14

Seperti dikutip dari Daily Star, Jumat, 25 November 2022, terkait hal itu Malcolm Glazer mengabarkan bakal melepas Manchester United kepada penawar yang berani membayarnya dengan harga tinggi. Dan, CEO Apple Tim Cook telah menyampaikan minatnya.

Legenda Manchester United Ikut Buka Suara Soal Timnas Indonesia, Shin Tae-yong Disebut Sukses

Apple adalah perusahaan teknologi terbesar di dunia dengan pendapatan tahunan hampir 326 miliar Poundsterling (Rp6.100 triliun). Bahkan, pada bulan ini saja Apple diperkirakan memiliki pendapatan sebesar 2 triliun Poundsterling (Rp37 triliun).

Namun, sejauh yang diketahui, perusahaan teknologi yang berbasis di California, Amerika Serikat (AS) itu tidak memiliki pengalaman memiliki klub sepak bola sebesar Manchester United.

CEO Apple, Tim Cook

Photo :
  • cafef

Meski demikian, CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa ia ingin mengeksplorasi peluang yang dapat diberikan oleh Manchester United dan akan mengatur pembicaraan dengan bank yang ditunjuk untuk mengawasi penjualan.

Setelah berhasil mengambilalih MU, Tim Cook bakal rencanakan pembangunan stadion canggih yang belum pernah ada di dunia. Jika Apple berhasil mencapai kesepakatan dengan pihak Keluarga Glazer, maka MU bisa dipastikan akan menjadi klub terkaya di dunia.

Sebelumnya diberitakan, Kepastian penjualan Setan Merah juga dilontarkan langsung oleh perwakilan Keluarga Glazer, yakni Avram Glazer. Dia mengatakan pihaknya akan mengevaluasi semua opsi agar klub bisa berkembang lebih besar.

"Kekuatan Manchester United terletak pada besarnya gairah dan loyalitas 1,1 milyar fans kami. Kami ingin terus membangun kisah sukses di klub ini, dan Direksi telah melakukan evaluasi secara menyeluruh dan strategis," ucap Glazer.

"Kami akan mengevaluasi semua opsi untuk memastikan para fans dan juga Manchester United bisa bertumbuh lebih besar dari saat ini. Selama proses ini berjalan, kami fokus untuk memberikan yang terbaik untuk para fans kami, dan para pemangku kebijakan klub," tambah dia.

Sebagai informasi, nilai aset MU saat ini diperkirakan mencapai £9 miliar atau setara Rp 167 triliun. Penjualan ini bakal membuat Setan Merah menjadi tim olahraga paling mahal di atas klub American Football, Dallas Cowboys, yang bernilai 7,23 miliar Poundsterling.

Keputusan menjual MU sekaligus menandai era Glazer di MU yang telah berjalan sejak 2005 akan segera berakhir. Kala itu, mereka membeli MU seharga 790 juta Poundsterling dari McManus dan Magnier.

Namun, selama kepemilikannya, keluarga Glazer kerap mendapat kritikan tajam dan penolakan dari fans MU. Pasalnya, mereka dianggap hanya menjadikan klub sebagai mesin pencetak uang dan tak mementingkan prestasi klub.

Sejumlah laporan mengatakan sudah ada beberapa nama yang disinyalir berpotensi menjadi pemilik baru MU di masa depan. Salah satunya adalah miliarder asal Inggris, Sir Jim Ratcliff, dan yang terbaru, CEO Apple Tim Cook.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya