Tampang Asli Pluto Terungkap

Planet Pluto
Sumber :
  • NASA

VIVA Tekno – Pada Januari 2006, wahana antariksa antarplanet Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA), New Horizons diluncurkan.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Kemudian, pada 2015, pesawat ruang angkasa itu jadi pertama yang mengunjungi Pluto dan menjelajahi Orbit Sabuk Kuiper (KBO). 

KBO awalnya bernama Ultima Thule adalah wilayah berbentuk cakram yang memanjang hingga tata surya bagian luar, dikutip dari situs Sputniknews, Selasa, 29 November 2022.

Begini Tampilan Gerhana Matahari Total dari Luar Angkasa

NASA telah membagikan gambar menakjubkan dari planet kerdil Pluto, yang diambil oleh pesawat ruang angkasa New Horizons. Menurut agensi Amerika Serikat itu, foto tersebut diambil pada jarak 22.025 mil (35.445 km) dari Pluto.

"Gambar ini menunjukkan warna asli Pluto, termasuk 'jantung' planet kerdil - gletser seukuran Texas dan Oklahoma yang terbuat dari nitrogen dan metana," kata badan antariksa tersebut.

Mitos Seputar Gerhana Matahari Total, Hanya 1 yang Benar

Pluto.

Photo :
  • Space.com

Sebelumnya, NASA juga merilis foto lain dari 'gambar berwarna yang diterjemahkan' dari Pluto, yang juga diambil oleh New Horizons.

Pluto ditemukan pada 1930 dan dianggap sebagai planet kesembilan tata surya.

Namun, gelar itu diturunkan pada tahun 2006 atas dorongan astrofisikawan Neil deGrasse Tyson dan kemudian direklasifikasi sebagai planet kerdil.

New Horizons terbang melewati Pluto tujuh tahun lalu dan menjelajahi bulan-bulannya pada musim panas 2015, yang menjadi puncaknya di mana kendaraan itu ada pada jarak yang dekat dari planet kerdil itu.

Pada 2019, NASA memberikan perpanjangan misi lain untuk New Horizons, yang akan membuat pesawat ruang angkasa itu bertahan hingga 2025.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya