Indonesia jadi Pasar Game Mobile Terbesar ke-3 di Dunia

Ilustrasi gamer.
Sumber :
  • Instagram/@dota2ti

VIVA Tekno – Indonesia disebut menjadi pasar game mobile terbesar ke-3 berdasarkan unduhan Google Play. Laporan data.ai juga menemukan bahwa para gamer Indonesia menghabiskan total US$370 juta (Rp5,4 triliun) untuk game mobile di tahun 2022, meningkat US$50 juta (Rp742 miliar) dari tahun 2021.

PlayStation 5 bikin Sony Semringah

Laporan bertajuk State of Mobile 2023 Gaming juga menemukan unduhan game mobile turut meningkat 0,32 miliar dari tahun 2021 menjadi 3,45 miliar di tahun 2022.

Secara global, jumlah belanja konsumen untuk game mobile turun -5 persen menjadi US$110 miliar di tahun lalu. Hal ini dapat dikaitkan dengan dua tren, resesi dan ketidakpastian ekonomi global, serta perubahan peraturan tentang user targeting yang berdampak pada pendapatan para penerbit game mobile.

Tips Mendapatkan Harga Diamond yang Affordable, Nggak Perlu Habiskan Jutaan Rupiah!

Hal ini dapat menjadi koreksi jangka pendek dalam pola kenaikan jangka panjang, mengingat gamer mobile di dunia saat ini menghabiskan sekitar US$1,64 miliar dan mengunduh hampir 1,2 miliar game setiap minggunya.

Meskipun angka-angka ini belum mencapai tingkat belanja konsumen di masa puncak pandemi, para gamer di seluruh dunia mengikuti tren untuk terus mengeluarkan uang melampaui total nominal belanja mobile game pada Q1 2020, atau naik hampir 30 persen dari masa sebelum pandemi.

Perpres Perlindungan Anak dari Game Online Segera Rampung

Ilustrasi game.

Photo :
  • U-Report


Amerika Serikat, Korea Selatan, dan Jepang memberikan kontribusi terbesar terhadap tingkat belanja konsumen di dunia, berdasarkan unduhan Google Play pada Q1 2023.

Sementara data pada iOS ditemukan performa teratas ditempati oleh Amerika Serikat, Tiongkok, dan Jepang. Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan mengalami pertumbuhan terbesar dibandingkan dengan Q4 2022.

India dan Brasil memimpin sebagian besar aktivitas di Google Play dari segi jumlah unduhan, dengan Turki, Rusia, dan Irak mencatat pertumbuhan jumlah unduhan absolut terbesar dalam perbandingan kuartal ke kuartal.

Untuk iOS, pasar terbesar dipimpin oleh AS dan China, dengan AS, Turki, dan Rusia menambah jumlah unduhan terbanyak dibandingkan dengan Q4 2022.

"Riset kami menunjukkan bahwa minat terhadap game mobile masih sangat tinggi. Sebagai salah satu pasar terbesar untuk industri game mobile dengan lebih dari 3 miliar unduhan tahun lalu, terdapat peluang untuk pertumbuhan yang signifikan bagi pasar game di Indonesia," Kata Head of Insights data.ai dalam keterangannya, Senin, 17 April 2023.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa industri game di Indonesia yang dinamis ini akan terus mencetak pertumbuhan yang luar biasa di tahun-tahun mendatang.

Logo Mobile Legends

Photo :
  • U-Report

Adapun pada Q1 2023, Mobile Legends: Bang Bang menduduki posisi teratas dalam daftar game yang paling banyak diunduh di Indonesia, serta menjadi yang terdepan dalam hal belanja konsumen dan pengguna aktif bulanan.

Sebelumnya, game action ini juga memimpin pertumbuhan belanja konsumen di Indonesia yang melonjak sebesar US$9,9 juta dari tahun 2021 hingga 2022, diikuti oleh Higgs Domino Island yang tumbuh US$7,6 juta.

Menariknya, dua game lokal berhasil masuk ke dalam daftar game yang paling banyak diunduh, yaitu Clackers Master: Latto Latto oleh Own Games Indonesia di posisi ke-7 dan Aku si PETERNAK LELE oleh KAJEWDEV di posisi ke-4.

Serupa dengan Clackers Master, game Latto-Latto juga mengalami pertumbuhan yang mengesankan dengan kenaikan sebanyak 621 peringkat ke posisi 8.

Popularitas game ini berkaitan dengan nostalgia para pemain terhadap mainan anak Indonesia zaman dahulu, yaitu bola kentongan atau yang biasa disebut latto-latto, yang kembali populer di kalangan anak-anak sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya