5 Alasan Mengapa Kucing Sering Mengeluarkan Suara

Kucing belang tiga.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Kucing adalah makhluk yang penuh dengan keunikan, salah satu hal yang membuat mereka menarik perhatian yakni kemampuan mereka dalam berkomunikasi dengan suara-suara yang dikeluarkan.

 KPU Minta MK Tolak Tudingan Suara Nasdem Berkurang dan Golkar Bertambah di Jabar 1

Misalnya seperti mendesis, mengeong, atau menggeram, yang memiliki peran penting dalam interaksi mereka dengan sesama kucing ataupun pemiliknya.

Suara yang dihasilkan oleh kucing dapat memiliki berbagai makna dan tujuan yang berbeda. Namun, mengapa kucing selalu mengeluarkan suara?

Pecinta Hewan Merapat, Jakarta Pet Expo 2024 Akan Hadir di Kemayoran!

Apa pesan yang ingin mereka sampaikan? Berikut ini beberapa alasan mengapa kucing sering mengeluarkan suara yang dihimpun VIVA Tekno.

1. Komunikasi antar-kucing

11 Persiapan Penting Sebelum Menikah, Agar Rumah Tangga Awet

Ilustrasi kucing.

Photo :
  • U-Report

Untuk berinteraksi dengan kucing lainnya, kucing menggunakan suaranya. Mereka dapat mengeluarkan suara seperti mendesis, mengeong, atau menggeram untuk menunjukkan dominasi, ketakutan, atau sebagai cara untuk mendekati atau mengusir sesama kucing yang lain. 

2. Komunikasi dengan pemiliknya

Ilustrasi seekor kucing.

Photo :
  • Pixabay

Kucing sering kali menggunakan suara untuk berkomunikasi dengan pemiliknya. Mereka dapat mengeluarkan suara seperti mendesis lembut, merengek, atau menggeram untuk mengekspresikan keinginan, perhatian, atau permintaan, seperti ingin diberi makan, meminta perhatian, atau mengajak bermain.

3. Menyampaikan kebutuhan atau ketidaknyamanan

Ilustrasi kucing.

Photo :
  • U-Report

Biasanya kucing yang mengeluarkan suara bermakna bahwa mereka ingin menyampaikan kebutuhan atau ketidaknyamanan mereka. Misalnya, saat sedang merasa lapar, haus, ingin keluar, atau merasa tidak nyaman, seperti sakit atau kesakitan. Mereka mungkin akan mengeluarkan suara yang berbeda sebagai cara untuk mengkomunikasikannya kepada pemiliknya.

4. Pernyataan emosi

kucing maine coon

Photo :
  • Nortlio/Wikimedia

Suara kucing juga dapat berarti bahwa mereka sedang mengungkapkan emosi. Mereka bisa mengeluarkan suara yang berbeda saat mereka senang, terganggu, cemas, takut, atau marah. Suara tersebut dapat mencerminkan keadaan emosional mereka pada saat itu.

5. Mencari perhatian

Kucing mencintai pemiliknya

Photo :
  • Instagram @hilanabekker

Alasan lain saat kucing mengeluarkan suara mereka secara berulang-ulang adalah untuk menarik perhatian pemiliknya. Mereka mungkin ingin mendapatkan perhatian, main, atau sekadar ingin ditemani oleh pemilik mereka. 

Kamu perlu tahu bahwa setiap kucing memiliki kepribadian dan kebiasaan yang unik, jadi suara yang dikeluarkan oleh mereka dapat bervariasi antara satu kucing dan kucing lainnya. Kamu sebagai pemilik kucing mungkin perlu untuk mengamati dan memahami perilaku dan suara kucing guna memahami pesan yang ingin disampaikan oleh mereka. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya