Ikan Lele Raksasa Kena Pancing di Sungai

Lele terbesar di dunia ditemukan di Italia.
Sumber :
  • Alessandro Biancardi

DuniaIkan lele mengintai di air keruh sungai terpanjang di Italia. Behemoth ini adalah target berharga bagi para pemancing, tetapi seorang nelayan baru-baru ini menangkap hewan raksasa itu, dan ini mungkin yang terbesar yang pernah ditemukan. 

Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Alessandro Biancardi, seorang pemancing Italia, menarik ikan lele besar sepanjang 9,4 kaki (2,85 meter) dari perairan dangkal Sungai Po di wilayah Lombardy di Italia utara. Tangkapan itu mengalahkan rekor dunia sebelumnya untuk lele wels terbesar (Silurus glanis) yang pernah ditangkap dengan ukuran 1,6 inci (4 sentimeter).

"Ketika pertama kali muncul, saya benar-benar menyadari bahwa saya memancing monster. Saya sendirian menghadapi lele terbesar yang (pernah) saya lihat dalam 23 tahun," tulis Biancardi dalam sebuah pernyataan.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

Saat Biancardi mengambil raksasa itu, dia dan rekan-rekannya mengukurnya sebelum melepaskannya ke sungai. Dokumentasinya sendiri sudah dikirim ke IGFA (International Game Fish Association) agar mereka bisa mencatat secara resmi ikan besar tersebut. 

Lele Wels adalah ikan air tawar terbesar di Eropa, tidak termasuk spesies yang bermigrasi ke pedalaman dari laut untuk berkembang biak, yang dikenal sebagai spesies anadromous, dikutip VIVA Tekno dari situs Live Science, Sabtu, 17 Juni 2023.

Ikan berharga itu berasal dari Eropa Tengah dan Timur tetapi telah diperkenalkan ke bagian lain benua itu dalam 25 tahun terakhir, dengan populasi menjamur di sungai-sungai besar di Italia, Prancis, dan Spanyol. 

Sungai Po, yang berkelok-kelok melintasi Italia utara dan melalui kota-kota Turin dan Piacenza, merupakan hotspot ikan lele yang sangat besar. Tangkapan pemecah rekor terakhir, lele wels sepanjang 9,2 kaki (2,81 m), juga ditarik dari Po pada 12 April.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya