Presiden Jokowi Beri Tugas Khusus ke Menkominfo Baru, Pantau Project S TikTok

Presiden Joko Widodo usai melantik Budi Arie sebagai Menkominfo
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

Jakarta – Presiden Joko Widodo memberikan tugas kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang baru dilantik, Budi Arie Setiadi, serta Wakil Menkominfo, Nezar Patria.

Optimalkan Klinik Ekspor Bea Cukai, Perusahaan Pupuk Ini Lepas Ekspor Perdana ke Timor Leste

Tugas tersebut adalah memantau perkembangan media sosial dan e-commerce, termasuk fenomena penggabungan keduanya.

Dalam pernyataannya di Istana Negara Jakarta, dikutip VIVA Otomotif Senin 17 Juli 2023, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa tugas yang lebih detail dapat ditanyakan langsung kepada Menteri baru tersebut.

Jokowi Bakal Turun Tangan Benahi Bea Cukai yang Banyak Masalah

Fenomena penggabungan platform e-commerce dengan media sosial kini semakin marak. Salah satu contohnya adalah program Social commerce atau Proyek S yang diluncurkan oleh TikTok. Namun, hal ini juga menimbulkan kekhawatiran bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki, menyatakan kekhawatirannya terhadap Proyek S TikTok Shop yang dinilai dapat mengancam produk-produk UMKM lokal.

Pentingnya Jejaring dan Komunitas bagi UMKM untuk Naik Kelas dan Ekspor

Oleh karena itu, penting bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melindungi produk-produk UMKM di dunia maya, terutama dalam ranah social commerce.

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi dan Wamenkominfo, Nezar Patria.

Photo :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

Dalam rangka menyelesaikan tugas-tugas yang semakin bertambah, Presiden Jokowi berencana membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang akan membantu Menteri dan Wakil Menkominfo.

Satgas ini akan berfokus pada berbagai aspek di Kementerian Komunikasi dan Informatika, mulai dari infrastruktur telekomunikasi, teknologi informasi, frekuensi, satelit, hingga media sosial dan e-commerce.

“Seperti tadi saya sampaikan semuanya bisa dikejar, dipercepat semuanya. Sudah ada Wamen pun kami tambah Satgas. Karena, setelah saya detailkan persoalan yang ada di dalam bukan persoalan yang mudah. e-commerce yang sekarang ini kecepatan perubahannya sangat cepat banget,” ujar Jokowi.

Namun, Presiden juga menyadari bahwa tugas yang diemban tidaklah mudah. Oleh karena itu, keputusan mengenai siapa yang akan memimpin Satgas akan dibahas bersama dengan Menteri dan Wakil Menkominfo yang baru.

“Nanti dengan pak Menteri, dengan pak Wamen akan kami bicarakan. Karena, ini bukan persoalan mudah,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya