Benarkah Pakai Kacamata Justru Bikin Minus Mata Bertambah?

Ilustrasi anak berkacamata.
Sumber :
  • MiYOSMART PICT

Jakarta – Seiring dengan perkembangan zaman, banyak mitos seputar kesehatan yang masih beredar di masyarakat. Salah satu mitos yang sering kali menjadi perdebatan adalah tentang penggunaan kacamata dan apakah penggunaan kacamata dapat membuat kondisi minus mata semakin memburuk.

Terpopuler: Mitos Tentang Masturbasi Hingga Tips Memilih Camilan Sehat

Diolah dari data VIVA Tekno, Kamis, 10 Agustus 2023, Pada dasarnya kacamata merupakan rekomendasi alat koreksi terbaik bagi para penderita rabun jauh.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Kacamata Facebook, Ray-Ban Stories.

Photo :
  • The Verge

Pentingnya Kacamata

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Kacamata dapat membantu Anda melihat objek sekitar dengan jelas. Namun perlu diingat bahwa Anda harus hati-hati ketika memilih lensa. Pemilihan lensa kacamata harus tepat dan sesuai dengan anjuran dokter spesialis mata.

Menggunakan lensa kacamata yang tidak sesuai dapat menyebabkan munculnya gangguan yang lebih parah pada mata. Hal ini dikarenakan retina tidak dapat menempatkan bayangan dengan baik dan mata harus melakukan kompensasi lebih untuk menyesuaikan kondisi bayangan tersebut.

Maka dari itu Anda sebaiknya rutin 6 bulan sekali mengecek kondisi mata. Lalu Bagaimana Cara Agar Minus Tidak Bertambah? 

1. Menggunakan Kacamata atau Lensa Kontak

Saat memakai kacamata, Anda akan terbiasa dengan penglihatan tajam berkat bantuan lensa yang tepat. Jika Anda merasa penglihatan mata semakin memburuk setelah mencoba tidak memakai kacamata, penyebabnya adalah mata kembali dalam mode penglihatan asli. 

Penggunaan lensa kontak juga dapat membantu mempertajam penglihatan objek di sekitar Anda. Namun lensa kontak membutuhkan aftercare sesuai prosedur karena langsung bersentuhan dengan mata. Jika tidak mengindahkan prosedur maka akan menyebabkan masalah pada mata Anda. 

2. Penggunaan Obat Atropine

Ilustrasi kacamata.

Photo :
  • Istimewa

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah minus bertambah parah adalah menggunakan obat tetes mata yang mengandung atropine. Namun penggunaan obat ini harus di bawah pengawasan dokter spesialis mata atau ophthalmologist.

Kacamata merupakan alat terapi terbaik yang dapat membantu mempertajam penglihatan Anda tanpa risiko berbahaya. Tidak perlu khawatir minus bertambah karena pada dasarnya kacamata adalah alat bantu untuk mengoreksi kelainan fokus penglihatan. Menggunakan kacamata akan membuat mata Anda terasa lebih nyaman dan rileks saat beraktivitas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya