6 Lubang Neraka Terdalam di Bumi

Sinkhole Bayou Corne.
Sumber :
  • Asumsila.com

VIVA Tekno – Sinkhole, atau dijuluki lubang neraka, akibat reruntuhan merupakan keajaiban alam. Fenomena aneh ini bisa muncul tiba-tiba dan sangat besar, terkadang cukup jumbo untuk menelan seluruh bangunan.

BPBD Assessment Pergerakan Tanah di Purwakarta

Itu terbentuk ketika batuan di bawah permukaan, seperti batu kapur, secara alami dapat larut oleh air tanah di dalamnya. Saat batu itu larut, gua-gua berkembang.

Ketika gua-gua ini menjadi begitu besar, tanah di atasnya tidak dapat lagi menopangnya dan membuat permukaannya runtuh, menurut situs Live Science, Kamis, 10 Agustus 2023.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Beberapa lubang pembuangan telah ditemukan mengandung ekosistemnya sendiri – bahkan mungkin menampung spesies tumbuhan dan hewan yang belum pernah ditemukan.

Pada 2022, para ilmuwan menemukan lubang pembuangan sedalam 630 kaki (192 meter) yang berisi hutan purba dan tumbuhan lebat di China selatan. Berikut adalah beberapa lubang runtuhan terbesar yang diketahui di Bumi, yang diukur berdasarkan kedalamannya:

Misteri Hilangnya Dusun Legetang di Kawasan Dieng, Ratusan Jiwa Terkubur Hidup-hidup

1. Xiaozhai Tiankeng, China

Sinkhole Berezniki, Rusia.

Photo :
  • Andrei Giba

Terletak di Kabupaten Fengjie di Tiongkok, Xiaozhai Tiankeng — yang secara kasar diterjemahkan menjadi 'Lubang Surgawi' adalah lubang runtuhan terdalam di dunia. 

Kedalamannya mencapai 2.172 kaki (662 meter) dan terbentuk di atas gua batu kapur Difeng, diukir oleh sungai bawah tanah yang masih mengalir di bawah lubang pembuangan.

2. Crveno Jezero (Danau Merah), Kroasia

Crveno Jezero (Danau Merah), Kroasia.

Photo :
  • Getty Images

Danau Merah adalah lubang pembuangan yang berisi danau karst — sebuah danau yang terbentuk akibat runtuhnya gua di dekat kota Imotski, di Kroasia. Meskipun danau ini berwarna biru, namanya diambil dari tebing berwarna coklat kemerahan di sekelilingnya, yang ternoda oleh oksida besi. 

Sinkhole tersebut memiliki kedalaman sekitar 1.740 kaki (530 m) dan berisi beberapa spesies ikan, termasuk ikan kecil berbintik (Delminichthys adspersus) yang terancam punah dan loach berduri Imotski (Cobitis illyrica). 

Wilayah ini juga merupakan rumah bagi Danau Biru, lubang runtuhan lainnya dengan kedalaman total (dari tepi) sekitar 720 kaki (220 m). 

3. Sima Humboldt, Venezuela

Sima Humboldt.

Photo :
  • Waman Adventures

Sima Humboldt adalah sinkhole besar yang terletak di puncak Cerro Sarisarinama, sebuah gunung dengan puncak datar di negara bagian Bolivar, Venezuela. 

Ini memiliki kedalaman 1.030 kaki (314 m) dan berisi kawasan hutan di dasarnya. Sinkhole raksasa lainnya, yang disebut Sima Martel, terletak sekitar 2.300 kaki (700 m) dari pinggiran Sima Humboldt.

4. Lubang Naga atau Lubang Biru Yongle

Lubang Naga, China.

Photo :
  • Luo Yunfei.

Ini merupakan lubang biru sedalam 984 kaki (300 m) di dekat Kepulauan Paracel di Laut China Selatan. Sinkhole ditemukan pada tahun 2016 dan merupakan lubang biru terdalam yang diketahui di dunia. 

Lubang Naga menjadi lubang biru besar, gua vertikal bawah laut atau lubang runtuhan yang ditemukan di daerah pesisir. Di sana sering ditemukan berbagai biota laut, mulai dari karang hingga hiu. 

5. Lubang Biru Taam Ja', Meksiko

Lubang biru terbesar kedua di dunia, Taam ja' memiliki arti 'air dalam' dari bahasa Maya - ditemukan di lepas pantai Semenanjung Yucatan Meksiko pada tahun 2021.

Gua bawah air raksasa yang terletak di Teluk Chetumal ini memiliki kedalaman sekitar 900 kaki (274 m). Ini punya sisi curam dengan kemiringan hampir 80 derajat, dan mulut gua berada sekitar 15 kaki (4,6 m) di bawah permukaan laut.

6. Berezniki, Rusia

Xiaozhai Tiankeng, China.

Photo :
  • Wikimedia commons

Sebagian besar sinkhole terbentuk secara alami, namun ada juga yang tercipta akibat aktivitas manusia. Kota Berezniki, Rusia, di Pegunungan Ural, telah dilanda lubang runtuhan selama beberapa dekade. 

Itu dimulai sebagai kamp kerja paksa dan dibangun di atas beberapa tambang kalium era Soviet di mana ekstraksi garam yang mengandung kalium membuat tanah tidak stabil, menyebabkan keruntuhan. Sinkhole terbesar —dijuluki The Grandfather — terbuka pada Juli 2007 dan diperkirakan memiliki kedalaman 780 kaki (238 m).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya