Informasi Terbaru Jaringan 2G, 3G dan 4G Telkomsel

Telkomsel.
Sumber :
  • VIVA/Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Telkomsel telah merampungkan migrasi jaringan 3G ke 4G sejak Juni 2023. Praktis lebih dari 96 persen wilayah di Indonesia sudah terlayani jaringan 4G dengan lebih dari 200.000 BTS 4G/5G.

Min Hee Jin dari ADOR Ngaku Konsultasi dengan Dukun Tentang BTS

"Sudah selesai per Juni 2023, sebanyak 49 ribu BTS 3G dialihkan ke jaringan 4G," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono di Jakarta, Senin, 21 Agustus 2023.

Dia merinci bahwa jumlah pelanggan data 4G dan 5G sekitar 120 juta orang per akhir semester pertama 2023, naik sebesar 84 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (YoY).

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Pertumbuhan ini turut mendorong trafik payload 4G sebesar 14 persen YoY. Perusahaan pelat merah ini juga mencatatkan peningkatan jumlah perangkat yang bermigrasi ke perangkat 4G, sebanyak 51 persen pada periode yang sama.

Ilustrasi smartphone atau ponsel pintar.

Photo :
  • Pixabay
eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Terkait jaringan 2G, Telkomsel mengambil langkah yang beda dengan XL Axiata di mana perusahaan yang didominasi warna biru itu akan mematikan jaringan generasi kedua itu secara natural.

"Sampai sekarang belum (2G) karena kita melihat data pelanggan. Misalnya HP tersebut belum memiliki VoLTE yang membuatnya tidak bisa melakukan panggilan suara, sehingga masih harus mengandalkan 2G," jelas Saki.

Saki melihat ada beberapa ponsel 5G yang tidak mempunyai teknologi VoLTE. Oleh sebab itu perusahaan belum bisa menghilangkan 2G karena masih diandalkan untuk melayani konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya