Sederet Dampak Polusi Udara bagi Beberapa Hal, Kesehatan Terancam

Polusi Udara di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Polusi udara di Jakarta telah menjadi masalah serius yang memiliki dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan, kesehatan, dan lingkungan. Artikel ini akan menguraikan sederet dampak-dari adanya polusi udah secara lebih mendalam. Kira-kira, apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

Parto Patrio Jalani Operasi Kedua, Istri Banyak Berdoa

1. Kesehatan yang Terancam

Salah satu dampak paling merasakan dari polusi udara di Jakarta adalah ancaman terhadap kesehatan manusia. Udara yang tercemar oleh partikel-partikel berbahaya seperti PM2.5 dan PM10 serta gas beracun seperti nitrogen dioksida (NO2) dan sulfur dioksida (SO2) dapat menyebabkan gangguan pernapasan, iritasi mata dan tenggorokan, asma, bronkitis, serta meningkatkan risiko penyakit jantung.

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

Dalam jangka panjang, paparan terus-menerus terhadap polusi udara dapat mengakibatkan penyakit serius dan bahkan kematian pada individu yang rentan, seperti anak-anak dan orangtua.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

2. Kerusakan Lingkungan

Polusi udara juga memiliki dampak negatif pada lingkungan Jakarta. Asap dari kendaraan bermotor dan pabrik dapat merusak tanaman, mengasamkan tanah, dan mengganggu ekosistem perairan. Hutan dan lahan pertanian di sekitar Jakarta juga terancam oleh polusi udara yang merusak kualitas tanah dan air.

3. Perubahan Iklim

Emisi gas rumah kaca dari polusi udara, terutama dari pembakaran bahan bakar fosil, berkontribusi pada perubahan iklim global. Jakarta mengalami dampak perubahan iklim seperti banjir, cuaca ekstrem, dan kenaikan permukaan laut yang mengancam kesejahteraan penduduknya.

4. Dampak Ekonomi

Polusi udara dapat merugikan ekonomi. Biaya perawatan medis akibat kesehatan yang buruk akibat polusi udara dapat menjadi beban besar bagi sistem kesehatan. Selain itu, produktivitas pekerja dapat menurun akibat gangguan kesehatan yang disebabkan oleh polusi udara. Reputasi buruk kualitas udara Jakarta juga dapat mengurangi investasi dan dampak sektor pariwisata.

Polusi Udara Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

5. Kualitas Hidup yang Menurun

Polusi udara yang kronis dapat merusak kualitas hidup penduduk Jakarta. Udara yang tidak sehat mengganggu aktivitas sehari-hari, mengurangi tingkat kenyamanan, dan membuat orang merasa tidak nyaman di luar ruangan.

6. Tantangan Mobilitas

Polusi udara dapat menghambat mobilitas. Kemacetan lalu lintas yang sering kali disebabkan oleh banyaknya kendaraan di Jakarta dapat meningkatkan emisi gas buang, yang kemudian memperparah polusi udara.

7. Upaya Penanggulangan

Penanggulangan polusi udara di Jakarta memerlukan tindakan konkret dari pemerintah dan masyarakat. Ini termasuk investasi dalam transportasi berkelanjutan, penggunaan energi bersih, dan pengaturan ketat terhadap emisi industri dan kendaraan bermotor. Kesadaran masyarakat tentang bahaya polusi udara juga perlu ditingkatkan untuk mendorong perilaku yang lebih ramah lingkungan.

Polusi udara di Jakarta adalah masalah serius yang memiliki dampak yang meresahkan pada kesehatan, lingkungan, ekonomi, dan kualitas hidup penduduknya. Upaya bersama dari pemerintah, bisnis, dan masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan bagi Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya