6 Cara Sederhana, Cepat dan Efektif Atasi Stres

Ilustrasi depresi/stres.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Stres menyebabkan dampak fisik dan emosional pada individu yang menderita stres tersebut. Meskipun tidak ada metode khusus untuk mengatasi gejala stres, ada beberapa intervensi yang dapat mengurangi efek berbahaya. 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Seperti apa caranya? Dikutip dari situs mensxp, berikut ada beberapa cara untuk mengatasi gejala stres yang sangat mudah kamu lakukan:

1. Manjakan Diri Dalam Latihan yang Menenangkan

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Ilustrasi Yoga

Photo :
  • Pixabay.com

Tahukah kamu bahwa olahraga sederhana seperti jalan kaki selama 30 menit mampu meningkatkan mood dan mengurangi stres? Hal ini disebabkan pelepasan bahan kimia otak yang disebut endorfin. 

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Inilah yang terjadi pada sebagian besar latihan yang menenangkan seperti meditasi, yoga, dan kardio ringan. Mencoba latihan seperti pranayama juga bermanfaat, karena membantu meredakan kecemasan, serta menurunkan tekanan darah dan detak jantung.

2. Bicaralah Dengan Keluarga Atau Teman Dekat

Ilustrasi curhat.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Di dunia digital ini, kita terbiasa melakukan panggilan video dan panggilan suara, namun keluar dari komunikasi digital ini dapat memberikan manfaat bagi stres. Komunikasi tatap muka dengan keluarga atau orang terkasih merupakan penghilang stres yang hebat. 

Ini membantu melampiaskan masalah apa pun yang mungkin kamu hadapi dan mengurangi kecemasan. Kata-kata mereka yang menenangkan dapat mendatangkan ketenangan, dan rasa damai. 

Stres yang terpendam terkadang membuat seseorang tidak dapat melihat suatu situasi dengan jelas, sehingga dapat diselesaikan dengan membicarakannya secara langsung dengan teman dekat atau anggota keluarga.

3. Ubah Pola Makan, Kurangi Asupan Alkohol & Kafein

Ilustrasi es kopi susu.

Photo :
  • Freepik/valeria_aksakova

Pola makan kita berpengaruh besar terhadap cara kita merespons situasi dan fungsi tubuh kita sehari-hari. Memiliki pola makan yang bergizi dan sehat memberikan energi ekstra untuk mengatasi peristiwa-peristiwa stres dalam hidup. 

Selain itu, mempraktikkan pola makan dengan penuh kesadaran juga dapat mencegah terjadinya stres makan. Memperbaiki pencernaan dan menghindari makan makanan yang tidak sehat atau berlebihan sebagai mekanisme koping.

4. Berlatih Perawatan Diri & Miliki Keseimbangan Kehidupan-Kerja

ilustrasi bekerja

Photo :
  • freepik/Drazen Zigic

Salah satu penyebab utama stres mungkin adalah lingkungan kerja atau beban pekerjaan yang mungkin kamu jalani. Belajarlah untuk mengurangi penundaan, miliki batasan pekerjaan, dan ambil waktu istirahat yang cukup untuk keseimbangan kehidupan kerja. 

Menjadi gila kerja dan terpengaruh oleh budaya hiruk pikuk mungkin saja akan menyebabkan stres kronis di kemudian hari. Sebaliknya, biarkan ponsel kamu dalam mode senyap, luangkan waktu sejenak dari perangkat elektronik, lakukan hobi seperti bermain alat musik, dan habiskan waktu bepergian dan berkumpul bersama keluarga. Metode relaksasi ini dapat sangat mengurangi stres.

5. Minta Dukungan Sosial Atau Konseling Kesehatan Mental

Ilustrasi Konseling

Photo :
  • Konseling

Tidak ada rasa malu untuk meminta bantuan. Jika stres membuat kamu sangat membebani, dan merupakan penyebab di balik perubahan suasana hati, kecemasan, dan gejala lainnya, sebaiknya hubungi ahli kesehatan mental. 

Tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan satu solusi. Mengambil dukungan dan terapi dapat membantu mendekonstruksi kekhawatiran kamu dan mengurangi stres.

6. Hilangkan Hal-Hal yang Dapat Menambah Stres

Ilustrasi depresi/stres.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Hal-hal seperti terus-menerus menelusuri media sosial, dan berita, menunda-nunda, mengonsumsi terlalu banyak alkohol, dan merokok dapat menambah stres dalam hidup. 

Menjauhi hal-hal tersebut dapat membantu menangani situasi dengan lebih baik dan mengurangi stres. Bahkan membuat kemajuan yang lambat, seperti mengurangi konsumsi kafein setiap hari dapat menambah kemajuan dalam mengurangi stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya