Jangan Percaya Rumor Konsumsi Air Galon Sebabkan Penyakit Kronis

Air di dalam kemasan/galon.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Hingga saat ini, belum ada satu pun data yang menunjukkan bahwa ada anak-anak sakit maupun pasien kronis pada anak seperti kanker darah dan diabetes gara-gara menggunakan air minum dalam kemasan (AMDK) atau galon polikarbonat.

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Secara umum jumlah kebutuhan cairan anak, menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia/IDAI, adalah 800 mililiter (ml) atau sekitar 2–3 gelas untuk anak usia 7–12 bulan. Lalu, 1,3 liter atau sekitar 5 gelas untuk anak usia 1–3 tahun.

Kemudian, 1,7 liter atau sekitar 6–7 gelas untuk anak usia 4–8 tahun. Selanjutnya, 2,1–2,4 liter atau 8–10 gelas untuk anak usia 9–13 tahun, serta 2,3–3,3 liter atau sekitar 9–13 gelas untuk anak usia di atas 14 tahun.

Disfungsi Ereksi Bukan Cuma Masalah Pria Tua! Kenali 5 Faktor Pemicunya di Usia 20-an

Menurut Sekretaris Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Korwil Semarang, Setya Dipayana, penyakit-penyakit yang kerap dialami anak-anak adalah penyakit musiman atau penyakit akut yang maksimal satu minggu sudah membaik.

"Tapi, untuk penyakit-penyakit kronis seperti kanker, diabetes, kelenjar prostat yang seringnya dialami oleh orang dewasa. Itu jarang terjadi pada anak-anak," kata dia, dalam siaran pers, Jumat, 8 September 2023.

Dirjen Kementerian Pertanian Bela-belain Patungan Rp500 Juta Buat Beliin Mobil Anaknya SYL

Kalau pun ada anak-anak yang mengalami penyakit diabetes, menurut Setya, biasanya karena penyakit bawaan atau turunan. Sementara kanker pada anak penyebabnya masih diteliti hingga saat ini.

"Jadi tidak ada sama sekali saya temukan ada kaitannya dengan air minum dalam kemasan (AMDK/polikarbonat)," tegasnya.

Begitu juga dengan penyakit gangguan tumbuh kembang anak yang berkaitan dengan kerusakan pada otak, Setya mengaku hal itu bisa didapatkan anak dari gangguan di dalam kandungan atau juga gangguan pada saat kelahiran.

"Sebab, otak kita jika kekurangan oksigen tujuh detik saja bisa timbul kerusakan otak yang mendalam. Kerusakan otak kalau terjadi pada bayi hilangnya susah. Itu masalahnya," jelas Setya.

Ia mengingatkan jika anak-anak membutuhkan nutrisi yang cukup agar tumbuh kembangnya menjadi optimal. Nutrisi itu ada nutrisi makro dan nutrisi mikro dan nutrisi makro, yang terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein, mikro vitamin dan mineral.

Menurutnya, mineral tidak bisa diproduksi oleh tubuh dan harus menggantungkan dari asupan di luar, baik itu berupa makanan maupun minuman.

"Itulah sebabnya cairan-cairan yang mengandung mineral termasuk air di dalam galon (polikarbonat) sangat dibutuhkan anak-anak untuk proses tumbuh kembangnya," papar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya