Sempat Diabaikan Penemuannya, Ini 5 Fakta Menarik Tentang Nikola Tesla

Nikola Tesla
Sumber :
  • Getty Images

Jakarta - Berbicara mengenai ilmuwan ternama dunia mungkin yang ada di benak kita adalah Albert Einstein atau Galileo. Namun ada satu nama ilmuwan lagi yang bisa merubah dunia yaitu Nikola Tesla.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Nikola Tesla merupakan seorang pereka cipta atau ilmuwan, fisikawan, teknisi mekanik, dan teknisi listrik berkebangsaan Serbia-Amerika. Ia terkenal berkat kontribusinya dalam mendesain sistem kelistrikan arus bolak-balik.

Meskipun pada awal penemuannya selalu diabaikan. Akan tetapi dengan berjalannya waktu, apa yang telah ditemukan oleh Nikola Tesla sangat berguna bagi kehidupan masyarakat.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Berikut beberapa fakta menarik Nikola Tesla, dilansir berbagai sumber:

1. Nikola Tesla Lahir saat Terjadi Badai Petir

Petugas Keamanan KAI Bandara Medan Temukan Uang Puluhan Juta Milik Penumpang

Nikola Tesla.

Photo :
  • Stefano Bianchetti

Nikola Tesla lahir pada 10 Juli 1856. Namun ada kejadian unik ketika dirinya lahir terjadilah sebuah badai dan petir di Serbia. Namun bidan yang membantu Ibu dari Nikola Tesla lahir mengatakan bahwa ini merupakan sebuah kesialan.

Namun Ibu dari Nikola Tesla mengungkapkan ketidaksukaan terhadap apa yang dikatakan oleh bidan yang menganggap bahwa anaknya pembawa sial. Sehingga ibunya mengatakan bahwa putranya itu akan menjadi orang yang berguna.

2. Nikola Tesla Mengembangkan Ide untuk Membuat Telepon

Nikola Tesla

Photo :
  • Getty Images

Pemikiran Nikola Tesla sangat maju. Dirinya pernah memiliki ide untuk membuat telepon. Ia pun menyampaikan idenya tersebut kepada penyongkong dana yaitu JP Morgan. Ia ingin menciptakan alat untuk menyampaikan pesan tanpa menggunakan kabel.

3. Nikola Tesla Membenci Mutiara

Siapa sangka Nikola Tesla tidak menyukai salah satu yang berharga contohnya adalah Mutiara. Ia membenci Mutiara karena suatu alasan. Ia pernah menolak berbicara dengan wanita yang menggunakan Mutiara. Ia pernah mengusir sekretarisnya karena menggunakan Mutiara di lehernya.

4. Modelis

Nikola Tesla sangat menyukai pakaian yang rapi, dia akan berdandan dimana ia akan makan sendiri, selain itu juga ia selalu menggunakan sarung tangan putih. Ia juga sempat mendapatkan penghargaan pria berpenampilan terbaik di Fifth Avenue di New York.

Selain itu juga, Nikola Tesla telah menguasai delapan bahasa dengan baik. Atas kontribusinya ia mendapatkan banyak penghargaan dari 15 institusi dengan gelar kehormatan.

5. Nikola Tesla Tidak Menikah

Potret terakhir Nikola Tesla

Photo :
  • Tesla – Master of Lightning

Nikola Tesla meninggal pada 7 Januari 1943 di usianya ke 83 tahun di Hotel New Yorker. Namun sayang sampai wafatnya ia tidak menikah dan tidak memiliki seorang anak.

Ia dikremasi dan abunya disimpan di Museum Nikola Tesla di Beograd, Serbia. Sepanjang hidupnya, Tesla mendaftarkan lebih dari 300 paten dan membayangkan lebih banyak lagi penemuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya