Kawah Asteroid Ditemukan untuk Pertama Kalinya di Puncak Gunung

Kawah tumbukan asteroid di puncak gunung.
Sumber :
  • HPSTAR

VIVA Tekno – Ilmuwan China telah menemukan kawah asteroid di puncak gunung, yang diketahui berada di wilayah timur laut negara tersebut, menurut Center for High Pressure Science and Technology Advanced Research (HPSTAR) di Beijing.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Penemuan ini memberikan perspektif baru untuk mengeksplorasi mekanisme pembentukan kawah tumbukan dan efek metamorf guncangan di medan dan lanskap yang unik, kata Chen Ming, peneliti di HPSTAR.

“Sebagian besar asteroid berdampak pada permukaan Bumi, menciptakan kawah berbentuk mangkuk atau kawah kompleks dengan puncak di tengahnya,” kata Chen.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Dengan diameter 1.400 meter, kawah tumbukan terletak di puncak Gunung Baijifeng di Taman Hutan Nasional Baijifeng di Tonghua, Provinsi Jilin, jadi yang pertama di dunia.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Kawah tumbukan asteroid di puncak gunung.

Photo :
  • HPSTAR

Ini adalah cekungan berbentuk lingkaran, dengan perbedaan ketinggian sekitar 400 meter dari tepi tertinggi ke tepi terendah, menurut laman News CGTN, Senin, 11 September 2023. Para ilmuwan percaya bahwa itu terbentuk oleh tumbukan besar yang terjadi setelah Periode Jurassic.

Hal ini menjelaskan sebaran pecahan batuan yang sebagian besar terdiri dari batu pasir, dengan sejumlah kecil granit di puncak Gunung Baijifeng saat terlontar dari kawah tumbukan selama peristiwa tumbukan.

Terbentuknya kawah tumbukan juga mengubah topografi asli Gunung Baijifeng, mengubah puncaknya menjadi puncak ganda dengan ketinggian 1.318 dan 1.300 meter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya