5 Fakta Mumi yang Baru di Kubur Setelah 128 Tahun Dipamerkan

Mumi Stoneman Willie Berusia 128 Tahun
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – Mumi tertua di Amerika Serikat (AS), dikenal sebagai Stoneman Willie yang dipajang di dalam rumah duka di Pennsylvania selama 128 tahun, akhirnya dapat menerima penguburan yang layak.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Dilansir dari ABC News, Rabu, 11 Oktober 2023, para pejabat di Auman's Funeral Home, rumah duka di Reading mengatakan bahwa pihaknya berhasil mengidentifikasi jenazah tersebut dan sekarang dapat menguburkannya. Nah, simak Informasi lebih lanjut sebagai berikut:

Mumi Stoneman Willie Berusia 128 Tahun

Photo :
  • Istimewa
Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

1. Pecandu Alkohol

Dilansir dari BBC, Jumat, JuaMumi berjenis kelamin pria tersebut dulunya adalah seorang pencandu alkohol yang meninggal karena gagal ginjal setelah dipenjara Reading, Pennsylvania pada 19 November 1895.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Ia secara tidak sengaja menjadi mumi oleh petugas pemakaman yang bereksperimen dengan teknik pembalseman baru. Sebelumnya, identitas asli pria tersebut tidak diketahui karena Stoneman Willie memberikan nama palsu sebagai James Penn ketika dia ditangkap karena melakukan pencurian.

Ia ditemukan di dalam rumah kos setempat dengan jam tangan emas, pisau cukur, dan uang di tangannya. Pria berusia 37 tahun itu meninggal setelah berjuang melawan penyakit maag, yang memburuk menjadi uremia akut atau penyakit ginjal stadium akhir.

1. Prosesi Ucapan Terakhir

Jenazahnya menerima upacara terakhir dan dibawa melalui prosesi ke Forest Hills Memorial Park terdekat untuk dimakamkan pada Sabtu, 7 Oktober 2023.

Direktur rumah duka Kyle Blankenbiller mengatakan bahwa pihaknya telah mengadakan jam kunjungan khusus untuk Willie sepanjang minggu untuk mengantisipasi upacara pemakaman akbar yang akan dilakukan hari ini.

“Saya pikir itu adalah hal yang terhormat untuk dilakukan. Ini sudah menjadi hal yang pahit bagi kami,” kata Blankenbiller.

3. Mumi Tampak Kurus

Mumi Stoneman Willie Berusia 128 Tahun

Photo :
  • Istimewa

Dilansir dari Daily Mail, Jumat, 13 Oktober 2023, mumi pria itu tampak kurus dengan mengenakan setelan jas berwarna hitam dan dasi kupu-kupu saat dia terbaring di dalam peti mati di rumah duka. Selain itu, tampak rambut dan giginya tetap utuh, namun kulitnya menjadi kasar.

Rumah Duka Auman mengatakan, mereka telah mengidentifikasi Stoneman Willie menggunakan dokumen sejarah dan akan mengungkapkan namanya pada akhir pekan ini ketika mereka menguburkan jenazahnya.

4. Berasal dari Irlandia

Hingga saat ini, tidak banyak yang diketahui tentang pria yang tak sengaja dijadikan mumi itu, selain tempat asalnya dari Irlandia. "Kami tidak menyebutnya sebagai mumi. Kami menyebutnya sebagai teman kami Willie," ungkap Blankenbiller.

"Dia baru saja menjadi sebuah ikon, bagian yang penuh cerita bukan hanya dari masa lalu Reading tapi tentu saja masa kininya," sambungnya.

5. Dokumen Sejarah Mumi

Mumi Stoneman Willie Berusia 128 Tahun

Photo :
  • Istimewa

Dokumen sejarah menunjukkan bahwa Stoneman Willie diawetkan oleh Theodor Auman, seorang petugas pemakaman yang bereksperimen dengan pembalseman arteri yang inovatif.

Pembalseman arteri yang dilakukan itu adalah sebuah teknik yang masih relatif baru di akhir abad ke-19. Cara kerjanya yaitu, sebelum dilakukan pembalseman, jenazah akan disimpan di dalam es terlebih dahulu hingga penguburannya.

Prosesnya memerlukan penyuntikan cairan pembalseman ke dalam arteri, yang akan menggantikan darah, dan tabung pembuangan memfasilitasi pengeluaran darah dari vena.

Sejarawan lokal George M Meiser XI mengatakan bahwa Auman mencampurkan resepnya sendiri yang dicampur dengan formalin, bahan kimia yang digunakan dalam proses pembalseman. Selain itu, diduga jumlah formalin yang berlebihan membuat tubuh pria itu membatu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya