Jangan Sampai Lewat! Begini Cara Lihat Gerhana Matahari Cincin Api di Indonesia

Gerhana Matahari Cincin Api.
Sumber :
  • www.bmkg.go.id

VIVA Tekno – Fenomena gerhana matahari cincin api akan berlangsung pada Sabtu, 14 Oktober 2023. Sayangnya momen menakjubkan ini tidak dapat disaksikan secara langsung di wilayah Indonesia.

Kapan Bumi Kiamat?

Sebagai informasi, orbit Bulan mengelilingi Bumi berbentuk elips sehingga akan ada saatnya Bulan berada pada jarak terdekat dari Bumi (perigee) dan terjauh (apogee).

Saat berlangsungnya fenomena gerhana matahari cincin api, Bulan sedang berada pada apogee, sehingga menyebabkan piringan bulan tidak dapat menutup piringan Matahari. Ini menyebabkan Matahari terlihat seperti cincin saat mencapai fase maksimum gerhana.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Menurut laporan Nasa, wilayah yang bisa menyaksikan fenomena ini secara langsung adalah Amerika Utara, Tengah dan Selatan. Fenomena ini akan berakhir di lepas pantai Atlantik Amerika Selatan di Natal, Brasil.

"Pada 14 Oktober 2023, gerhana matahari annular akan melintasi Amerika Utara, Tengah, dan Selatan. Gerhana ini akan terlihat oleh jutaan orang di belahan bumi barat," tulis NASA dikutip Jumat, 13 Oktober 2023

Sejumlah wilayah yang bisa menyaksikan gerhana matahari cincin api secara langsung yakni, Oregon Selatan, California Timur Laut, Nevada Utara, Utah Selatan, Colorado Barat Daya, Arizona Timur Laut, Meksiko Baru dan Texas.

Bagi Anda yang tidak dapat menyaksikan fenomena ini, NASA akan melakukan siaran langsung yang akan dimulai pada 14 Oktober 2023 pukul 11.30 ET atau 22.30 WIB.

Anda dapat menyaksikan siaran langsung itu di berbagai saluran milik NASA, seperti website resmi, atau media sosial NASA.

Warga tengah melihat gerhana matahari cincin, Kamis, 26 Desember 2019.

Photo :
  • VIVA/ Fajar Sodik.

Bagi Anda yang berkesempatan melihatnya secara langsung, pastikan tidak melihatnya dengan mata telanjang. Gunakan filter pelindung seperti kacamata khusus atau teleskop matahari.

Penggunaan pelindung tersebut penting untuk memastikan retina mata tetap aman saat melihat gerhana matahari cincin api. Sebab, sekecil apapun cahaya matahari yang terlihat dapat menyebabkan kerusakan mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya