Pelanggan Indosat Bisa Telepon dan SMS Minim Gangguan

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH).
Sumber :
  • Misrohatun Hasanah

VIVA Tekno – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) dan Ericsson berhasil menyelesaikan Circuit Switch atau CS Core Transformation.

Indosat Tetap Tenang meski Ada Lonjakan

Proyek yang dimulai pada November 2022 dan selesai lebih cepat dari jadwal, yakni September 2023, merupakan konsolidasi dua jaringan CS terpisah dan ditransformasikan menjadi satu jaringan terpadu dengan arsitektur mutakhir.

Penyelesaian proyek tersebut merupakan bagian dari program merger IOH dan berhasil menurunkan operational expenditure (opex/biaya operasional) melalui pengurangan footprint sebesar 53 persen serta peningkatan indeks kepuasan pelanggan sebesar 1,1 persen.

Indosat Siap Bantu Pemerintah Ciptakan 1 Juta Talenta Digital

Dengan mentransformasikan CS Core menjadi satu platform Ericsson yang memiliki kemampuan pooling, kini Indosat Ooredoo Hutchison dapat mengurangi risiko gangguan jaringan atau downtime pada saat terjadi pemadaman listrik atau gangguan fiber optik.

Putin Telepon Presiden Iran Wanti-wanti Dampak Memanasnya Konflik Timur Tengah

Kemitraan IOH dan Ericsson.

Photo :
  • Dok. Indosat Ooredoo Hutchison

Manfaat yang didapatkan adalah ke depannya pelanggan IOH dapat menikmati layanan panggilan suara (telepon) dan SMS minim gangguan di seluruh Indonesia. Keberhasilan pelaksanaan proyek ini berdampak langsung pada peningkatan interaksi pelanggan sebesar 33 persen dan pengurangan call setup time sebesar 495 milidetik.

Selain itu, simplifikasi jaringan ini secara signifikan menurunkan beban hardware, software, dan infrastruktur yang dibutuhkan sehingga dapat mengurangi opex. Direktur dan Kepala Teknologi Indosat Ooredoo Hutchison, Desmond Cheung, bilang terus berupaya untuk menyediakan jaringan yang andal sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan.

"Bermitra dengan Ericsson memungkinkan kami untuk memaksimalkan potensi jaringan dan ekosistem Indosat dalam memberikan pelayanan yang lebih baik. Kesuksesan penyelesaian proyek ini merupakan bukti komitmen bersama kami untuk melayani pelanggan," katanya di Jakarta, Senin, 23 Oktober 2023.

Pada kesempatan yang sama, Head of Ericsson Indonesia, Krishna Patil, mengaku bangga dapat menyelesaikan proyek CS Core Transformation lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan.

"Proyek ini telah memberikan peningkatan efisiensi dan pengalaman pelanggan yang kuat bagi Indosat beserta para pengguna layanannya. Kami berharap dapat selalu berkolaborasi untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan secara signifikan," ungkap dia.

Peluncuran layanan 5G Indosat Oooredoo Hutchison di Nusa Dua, Bali.

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh

Sebelumnya, pada Januari tahun ini, Ericsson telah mendukung IOH untuk menyelesaikan integrasi jaringan dengan memanfaatkan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN) di wilayah Jabodetabek, yang memungkinkan pelanggan di wilayah tersebut dapat menikmati pengalaman digital yang lebih baik.

Hal ini merupakan salah satu proyek integrasi jaringan tersingkat yang selesai lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan, dan mampu memberikan jangkauan yang lebih luas, kualitas layanan dalam ruangan yang lebih baik, dan pengalaman internet yang lebih cepat bagi pelanggan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya