Nasib Pria Penerima Transpalansi Jantung Babi: Awalnya Berhasil, Sekarang Mengenaskan

Operasi transpalantasi jantung babi ke manusia.
Sumber :
  • Stat News

VIVA Tekno – Setelah bulan lalu dibanggakan, sayangnya penerima transplantasi jantung babi kedua di dunia meninggal minggu ini, hampir enam minggu setelah prosedur transplantasi dilakukan.

Penyair Joko Pinurbo Meninggal Dunia

Pria berusia 58 tahun bernama Lawrence Faucette menderita penyakit jantung terminal dan menerima transplantasi jantung dari babi hasil rekayasa genetika pada 20 September 2023 lalu. Dia meninggal pada Senin, tanggal 30 Oktober waktu setempat.

“Kami berduka atas kehilangan Tuan Faucette, seorang pasien, ilmuwan, veteran Angkatan Laut, dan pria berkeluarga yang luar biasa, yang hanya ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama istri, putra, dan keluarganya yang tercinta,” Bartley Griffith, ahli bedah yang melakukan transplantasi di Pusat Medis Universitas Maryland di Baltimore, mengatakan dalam catatan kenangan, melansir The Guardian, Kamis, 2 November 2023.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Lawrence Faucette, pasien transplantasi jantung babi.

Photo :
  • New York Post

Faucette, ayah dua anak yang bekerja sebagai teknisi laboratorium di National Institutes of Health sebelum pensiun, menjalani terapi fisik setelah operasi untuk mendapatkan kembali kemampuan berjalannya.

Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia, Intip Perjalanan Bisnis Mustika Ratu

“Dia tahu waktunya bersama kami singkat, dan ini adalah kesempatan terakhirnya untuk berbuat demi orang lain,” kata istrinya, Ann Faucette, dalam catatan yang sama dengan Griffith. “Dia tidak pernah membayangkan dia akan bertahan selama ini.”

Tahun lalu, tim dokter yang dipimpin Griffith melakukan transplantasi jantung babi pertama di dunia yang dimodifikasi secara genetik pada David Bennett, 57 tahun, seorang tukang yang menderita gagal jantung stadium lanjut. Bennett meninggal dua bulan setelah prosedur karena gagal jantung.

Meskipun tidak ada tanda-tanda penolakan dalam beberapa minggu setelah transplantasi Bennett, sebuah studi kasus menemukan bahwa Bennett mungkin menjadi lebih rentan terhadap penolakan organ akibat antibodi yang dihasilkan oleh sistem kekebalannya. Jantung juga memiliki jejak sitomegalovirus babi, virus laten yang menginfeksi babi, yang mungkin berkontribusi terhadap komplikasi transplantasi.

Muhammad Mohiuddin, seorang profesor bedah dan direktur program ilmiah program xenotransplantasi jantung di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama Griffith dan Ann Faucette bahwa mereka akan terus “melakukan analisis ekstensif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menyebabkan penyakit jantung agar dapat dicegah dalam transplantasi di masa depan” seperti yang dilakukan dengan pasien pertama, David Bennett.

Mohiuddin juga mengucapkan terima kasih kepada Faucette dan keluarganya “Karena telah memungkinkan kami untuk terus membuat kemajuan signifikan dalam mewujudkan xenotransplantasi menjadi kenyataan”.

“Tuan Faucette adalah seorang ilmuwan yang tidak hanya membaca dan menafsirkan biopsinya sendiri tetapi juga memahami kontribusi penting yang dia berikan dalam memajukan bidang ini,” katanya.

Xenotransplantasi, transfer sel, jaringan, dan organ dari hewan ke manusia, adalah bidang medis yang sangat eksperimental yang dilakukan para ahli, yang berupaya memecahkan masalah kekurangan organ.

Operasi transpalantasi jantung babi ke manusia.

Photo :
  • Stat News

Baik Faucette maupun Bennett terlalu sakit karena penyakit jantung stadium akhir untuk menerima transplantasi tradisional yang menggunakan organ dari manusia yang sudah meninggal. Kedua pasien tersebut menerima jantung dari babi yang telah dimodifikasi secara genetik untuk membuat organ mereka lebih cocok untuk tubuh manusia, termasuk penghapusan gen untuk mencegah pertumbuhan jantung babi.

Lebih dari 100.000 orang di AS masuk dalam daftar tunggu transplantasi nasional. Satu orang lagi ditambahkan ke daftar tunggu setiap 10 menit. Ginjal merupakan organ yang paling dibutuhkan, dengan 85% pasien membutuhkan transplantasi ginjal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya