Telkomsat Gandeng 40 ISP Lokal dan Menargetkan Layani 1.000 Lokasi

Menara Telkomsat.
Sumber :
  • Dok. Telkomsat

VIVA Tekno – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, melalui anak usahanya Telkomsat yang mengelola layanan bisnis telekomunikasi berbasis satelit, menyediakan layanan konektivitas berkecepatan tinggi dengan akses unduh/download hingga 180 Mbps dan unggah/upload sampai 20 Mbps per 1 terminal yang diperuntukkan bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), badan usaha, layanan kesehatan, dan pemerintahan terutama daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di Indonesia Timur.

Indonet Resmikan Layanan Digital Terbaru EDGE 2 dengan One-Stop Solution

Direktur Utama Telkomsat Lukman Hakim Abd. Rauf menyampaikan bahwa saat ini terdapat sekitar 40 penyedia jasa layanan internet (internet service provider/ISP) lokal yang telah bekerja sama dengan Telkomsat untuk layanan MangoStar dan 50 persen di antaranya berada di kawasan timur Indonesia.

"Kami menargetkan setidaknya ada 1.000 lokasi yang dikelola oleh UMKM dan ISP-ISP lokal di kawasan timur Indonesia. Dari 1 titik tersebut para UMKM dan ISP lokal dapat melayani puluhan hingga ratusan pelanggan," kata dia, dalam konferensi pers virtual, Selasa, 7 November 2023.

Lagi, Bank Mandiri Raih Peringkat Satu Bank Pelat Merah Terbaik Versi Forbes

MangoStar merupakan salah satu produk unggulan Telkomsat yang memberikan pengalaman baru kepada para pelanggannya dengan performa konektivitas paling canggih di kelasnya (enterprise-class connectivity) dan menawarkan berbagai solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, khususnya UMKM dan ISP.

Menara Telkomsat.

Photo :
  • Dok. Telkomsat
Geopolitik Global Makin Bergejolak, Wamen BUMN: Menyimpan Emas Paling Aman

Hal ini terbukti sejak satu tahun terakhir mengalami pertumbuhan pelanggan sangat pesat atau mencapai 10 kali lipat dalam rentang periode 2022-2023.

Terobosan lain yang telah dilakukan adalah layanan MangoStar di segmen maritim yang diluncurkan pada awal September 2023 dan diperuntukkan bagi pelanggan di sektor kelautan dengan fasilitas Network Monitoring System (NMS) 7x24 jam dan kecepatan akses download hingga mencapai 180 Mbps dan upload 20 Mbps per 1 terminal.

Lukman juga memaparkan sudah menyiapkan 9 Gateway dan 1 PoP untuk menyediakan konektivitas tersebut di seluruh Indonesia yang dimulai sejak Juli 2022.

"Kami terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kami terbuka dalam menjalin kerja sama dalam menyediakan solusi layanan komunikasi berbasis satelit dengan ISP-ISP lain dalam mendukung program pemerintah dalam hal pemerataan digital di Indonesia," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya