Benarkah 'Lemon Infused Water' Bermanfaat untuk Detox?

Ilustrasi air lemon.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Tekno – Selain air putih, kini beragam air dengan rasa buah dan herbal atau yang biasa disebut infused water juga tengah digandrungi. Infused water khususnya yang lemon sering diklaim bisa menjadi air detoks untuk tubuh.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Namun, beberapa klaim tentang manfaat kesehatan dari air beraroma atau infused water semuanya tidak benar dan sudah dibantah oleh ahli.

“Ilmu pengetahuan tidak mendukung klaim ini,” kata ahli diet terdaftar, Beth Czerwony dari Cleveland Clinic, dilansir Selasa, 7 Oktober 2023, tentang kegemaran air itu saat ini.

Rey Mbayang Nyaris Meninggal saat Diving di Papua, Tabung Oksigen Bocor dan Kejang-kejang

Meskipun dehidrasi merupakan kekhawatiran nyata bagi sebagian orang, membeli air rasa buah yang mahal belum tentu merupakan jawabannya.

Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?

Infused water.

Photo :
  • Pixabay/ congerdesigne

Air detoks, yang biasanya mengandung infus lemon atau buah asam lainnya, dapat “dibumbui” dengan sejumlah tumbuhan atau tumbuhan lainnya.

Biasanya mengandung sedikit atau tanpa kalori dan kadang-kadang digunakan selama “diet detoks” atau diet “pembersihan utama” jangka pendek.

Pilihan lainnya untuk air detoks antara lain mentimun dan mint, lemon dan jahe, stroberi dan kemangi, atau apel dan kayu manis, dan masih banyak lagi.

Ada banyak sekali klaim tentang manfaat air detoks, seperti untuk penurunan berat badan, peningkatan fungsi kekebalan tubuh, dan pembuangan racun dari tubuh.

Namun, klaim kesehatan untuk air detoks sering kali dikaitkan dengan air itu sendiri dan bukan dari bahan tambahannya, karena tubuh tidak akan mendapatkan banyak nutrisi dari bahan tambahan tersebut, terutama dibandingkan dengan memakannya secara utuh.

Haruskah Anda minum air lemon setiap hari? Para ahli mempertimbangkan. Misalnya, minum lebih banyak air, baik air putih maupun air detox, dapat membantu melancarkan pencernaan, terutama bagi orang yang mengalami sembelit karena dehidrasi.

Dan “detoks” adalah istilah yang tidak jelas dan tidak ilmiah yang bisa berarti apa saja, termasuk funtuk menggambarkan fungsi ginjal secara normal. Tidak ada bukti nyata bahwa air detoks benar-benar dapat menghilangkan racun dari tubuh.

Air lemon hangat.

Photo :
  • http://www.vestyles.com

Meskipun pandangan terhadap air sangat beragam, ada satu fakta yang tidak dapat disangkal: Air baik untuk kesehatan tubuh kita

Kebanyakan ahli medis setuju bahwa jika perasa buah, infus tumbuhan atau bahan tambahan lainnya mendorong orang untuk minum lebih banyak air, yang mana itu adalah hal yang baik.

Hal ini terutama berlaku jika alternatifnya adalah meminum soda manis yang kaya kalori, minuman berkafein seperti kopi, atau minuman energi dengan banyak bahan sintetis seperti pemanis buatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya