Harga Pil Narkoba Ini Lebih Murah dari Sembako, Cuma Rp8 Ribu

Poster bahaya narkotika di Laos.
Sumber :
  • Al Jazeera

Vientiane – Peredaran narkotika di Vientiane, ibu kota Laos lagi tinggi-tingginya. Salah satu penyebab adalah negara tetangga, Myanmar, di mana kudeta pada 2021 telah menciptakan konflik kekerasan serta kekosongan hukum dan ketertiban yang memungkinkan berkembangnya sindikat narkoba.

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Di Laos, polisi yang memiliki sumber daya terbatas kini tengah menghadapi banyaknya narkotika karena negara tersebut telah menjadi koridor penyelundupan penting dalam perdagangan narkoba di Asia.

Lonjakan harga ini telah mendorong harga narkotika turun menjadi sangat rendah (dan bahkan terendah dalam sejarah), dengan para pekerja garis depan mengatakan bahwa pil narkoba sekarang dijual seharga $0,24 sen (atau Rp 8 ribu) per buah, menurut laporan Al Jazeera, Selasa, 7 November 2023.

Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

Ilustrasi narkoba.

Photo :
  • Pixabay/the3cats
Remaja di Jaksel Sempat Open BO Sebelum Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel

Hal ini berarti narkotika dijual lebih murah dibandingkan sebagian besar kebutuhan dasar seperti makanan dan air dan menjadikan obat tersebut terjangkau bagi semua orang di salah satu negara termiskin di Asia tersebut.

Bounme, asisten direktur di Transformation Center Laos, salah satu dari dua pusat rehabilitasi yang dikelola swasta di negara tersebut, mengatakan bahwa “segala sesuatunya menjadi lebih mahal” di Laos selama Covid-19, sementatra “obat-obatan menjadi lebih murah, jauh lebih murah.”

“Pengguna narkoba mengatakan kepada saya bahwa harga satu potong yaba adalah 5.000 hingga 7.000 kip ($0,24 hingga $0,34 atau Rp 8 ribu hingga Rp10 ribu) sekarang,” kata Bounme, yang mewawancarai pasien baru yang memasuki klinik.

“Jika Anda membeli sebungkus berisi 200 pil, Anda bisa mendapatkannya dengan harga semurah 2.500 ($0,12 atau Rp 3 ribu) per pil,” bebernya.

Segitiga Emas, daerah terpencil di mana perbatasan Thailand, Myanmar dan Laos bertemu, telah lama menjadi salah satu pusat produksi narkoba terbesar di dunia. Secara historis, negara ini terkenal karena opiumnya, namun dalam beberapa tahun terakhir sindikat narkoba beralih memproduksi pil metamfetamin dan sabu, jenis narkoba yang disuling, lebih kuat dan mahal.

Kelompok-kelompok di Myanmar merupakan jantung dari perdagangan ini, yang paling menonjol adalah negara bagian Shan, sebuah wilayah yang dilanda perang di bagian timur negara tersebut dan memiliki perbatasan yang panjang dan rawan dengan Laos. Selama beberapa dekade, perdagangan narkoba telah memberikan dana penting bagi kelompok etnis bersenjata dan milisi yang berpihak pada militer di negara yang bermasalah tersebut, dengan narkotika mengalir melintasi perbatasan ke Tiongkok, Laos, dan Thailand dan ke pasar internasional.

Kudeta di Myanmar pun mempercepat output industri ini.

Dengan meningkatnya pelanggaran hukum dan meningkatnya pertempuran di seluruh negeri, upaya anti-narkotika dari kelompok etnis bersenjata tertentu dan pihak berwenang Myanmar terhambat. Semakin banyak milisi di bawah komando militer juga dilaporkan beralih ke obat-obatan untuk mendanai makanan dan gaji tentara mereka.

Di negara bagian Shan, kondisi pasca kudeta ini telah menciptakan “badai sempurna” untuk produksi narkoba, menurut Jeremy Douglas, perwakilan regional Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) untuk Asia Tenggara dan Pasifik.

“Ada gangguan keamanan di negara bagian Shan, percepatan produksi narkoba pasca kudeta, dan perbatasan yang sangat besar dan sangat rapuh di sepanjang sungai Mekong antara Shan dan Laos,” katanya. “Ini adalah Laporan UNODC pada bulan Juni juga menunjukkan penyitaan tablet metamfetamin di Laos merupakan tahun kedua berturut-turut yang memecahkan rekor pada tahun 2022, dengan 144 juta pil disadap. Pada tahun 2019 dan 2020, angka ini masing-masing hanya mencapai 17,7 juta dan 18,6 juta,”

Poster narkotika di Laos

Photo :
  • Al Jazeera

Namun meski penyitaan besar-besaran menjadi berita utama, jaringan kriminal yang memfasilitasi pengiriman barang-barang tersebut tidak tersentuh, menurut seorang pengamat internasional yang memiliki pengetahuan mendalam tentang Laos.

“Penyitaan narkoba adalah tujuan (polisi Laos) dan penyitaan tersebut tampaknya bersifat sementara,” katanya. “Yang lebih meresahkan adalah pihak berwenang seringkali tidak melakukan penangkapan sama sekali, seringkali mereka bahkan tidak menangkap pengemudi kendaraan yang mengantar narkotika tersebut.”

Komisi Nasional Pengendalian dan Pengawasan Narkoba Laos memperkirakan terdapat sekitar 90.000 pengguna narkoba pada tahun 2023, atau sekitar 1 persen dari populasi, berdasarkan survei pemerintah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya