Viral Kebun Binatang Tidak Ada Hewan tapi Tetap Ramai

Rock Zoo.
Sumber :
  • Istimewa

Alabama – Pengunjung kebun binatang biasanya mengharapkan pertemuan akrab dengan penguin yang menggemaskan, singa yang gagah, atau monyet yang nakal.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Namun, di “Kebun Binatang Batu” Alabama, jawabannya bukanlah binatang hidup dan bernapas, melainkan batu yang telah diubah menjadi karya seni yang memukau.

Dilansir dari Unilad, Jumat, 29 Desember 2023, Dibandingkan dengan kebun binatang konvensional, Rock Zoo Alabama memperlihatkan kreativitas yang unik.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Dengan sekitar 40 "hewan" terpajang, pengunjung dapat menemukan beruang, ayam jago, jerapah, gajah, dan lebih banyak lagi, semua terbuat dari batu yang dipahat dan diwarnai dengan detail yang mengesankan.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Rock Zoo Alabama

Photo :
  • Istimewa

Tammy Murphey, penjaga di Rock Zoo dan cucu dari pendirinya, Leonard Dawson, menceritakan bahwa kebun binatang ini bermula pada akhir 1970-an.

Saat batu-batu besar dipindahkan ke properti Dawson selama pembangunan Jalan Jackson County, Alabama Amerika Serikat, Dawson melihat potensi artistik pada batu tersebut.

Rock Zoo, yang awalnya dimulai sebagai proyek kecil, kini menarik perhatian ratusan pengunjung setiap bulan, baik secara langsung maupun melalui platform online.

Tammy menyebutkan bahwa kebun binatang ini dilihat lebih dari 50.000 kali setiap bulannya secara online. “Ada antara 150 dan 250 rumah tangga per bulan yang menanyakan arah ke Rock Zoo. Ini dilihat secara online lebih dari 50.000 kali setiap bulannya,” kata dia.

Kendati demikian beberapa pengunjung awalnya terkejut dengan kurangnya binatang hidup, kebun binatang batu ini telah menjadi bagian dari warisan keluarga Dawson.

Tammy, sebagai penjaga utama bertanggung jawab untuk merawat kebun binatang, termasuk melakukan pemeliharaan rutin seperti pemotongan lahan dan pengecatan ulang agar "hewan-hewan" tetap terlihat menarik bagi para pengunjung setiap beberapa tahun.

Pendapatan dari penjualan souvenir di kebun binatang disumbangkan untuk pemeliharaan kebun binatang. Sementara sebagian lagi diberikan ke asosiasi penyakit ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) sebagai penghormatan kepada ayahnya yang meninggal karena penyakit tersebut.

Rock Zoo

Photo :
  • Istimewa

Dengan harapan agar kebun binatang ini terus berkembang, Rock Zoo Alabama tetap menjadi destinasi unik yang menggabungkan seni, kreativitas, dan warisan keluarga.

Tammy berbagi bahwa kebun binatang ini menyimpan banyak kenangan baginya, termasuk momen saat ia masih kecil, membantu kakeknya melukis ulang batu-batu.

"Saya senang orang-orang datang dari berbagai penjuru dan beberapa bahkan menambahkan batu buatan mereka sendiri yang telah mereka lukis. Saya berharap Rock Zoo akan terus berlanjut selama beberapa generasi," tambah Tammy dengan penuh semangat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya