Jalan di Wilayah Ini Bakal Bisa Mengisi Kendaraan Listrik Saat Berjalan

Jalan Elektrik Penambah Daya Nirkabel
Sumber :
  • Istimewa

Detroit – Wilayah Detroit kini menjadi rumah bagi pemilik mobil listrik karena adanya jalan nirkabel yang dapat dapat mengisi daya pertama di negara Amerika Serikat (AS), tepatnya terletak di 14th Street dekat Michigan Central di Corktown. Jalan ini terlihat seperti jalan sepanjang seperempat mil pada umumnya, namun sebenarnya lebih dari yang terlihat.

Belum Minat Bawa Mobil Hybrid, BYD Masih Fokus Jualan Kendaraan Listrik

Di bawah permukaannya terdapat kumparan pengisian daya induktif yang dapat mengisi daya kendaraan listrik.

Jalan Elektrik Penambah Daya Nirkabel

Photo :
  • Istimewa
Ban Hankook untuk Mobil Listrik Diuji Ekstrem, Ini Hasilnya

"Di sinilah pentingnya berada di Detroit, di tempat di mana para produsen otomotif berada, di mana inovasi dapat benar-benar berkembang," kata Wakil Presiden Pengembangan Bisnis Electreon, Stefan Tongur. "Ini adalah momen besar bagi Electreon."

Dilansir dari Click on Detroit, Sabtu, 6 Januari 2023, Electreon bertanggung jawab atas teknologi yang digunakan di jalan raya. Local 4 menumpang bersama Tongur dalam kendaraan listrik untuk menguji kemampuan pengisian daya nirkabel pada tahun 2023 lalu.

Pembeli Mobil Pertama Enggan Pilih EV, Ini Alasannya

"Jadi saat kendaraan ini melaju, ia memiliki kumparan sekunder di bawahnya yang kita sebut receiver, dan itu akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengisian daya dari kumparan primer di bawah tanah ke kumparan sekunder, receiver, ke dalam baterai," kata Tongur.

Tongur mengatakan bahwa pengisian daya dapat terjadi saat kendaraan sedang bergerak atau tidak bergerak. Kendaraan listrik harus memiliki receiver untuk mengaktifkan pengisian daya. Segmen pengisian daya tidak akan beroperasi tanpa penerima.

Para pejabat perusahaan mengatakan bahwa jalan tanpa kabel aman untuk semua mobil, pejalan kaki, dan satwa liar.

Michigan Central berharap dapat menjadi lahan subur untuk mengembangkan dan menyempurnakan teknologi ini dan membawanya ke dunia nyata.

Jalan Elektrik Penambah Daya Nirkabel

Photo :
  • Istimewa

"Ini adalah langkah maju yang luar biasa. Jadi, jika Anda memikirkannya, ini hanya seperempat mil jalan, apa yang akan kami pelajari adalah apa yang akan memungkinkan perluasan itu dan memikirkan potensi untuk dapat mengisi daya di jalan," kata CEO Michigan Central Josh Sirefman.

Tongur mengatakan bahwa ia berharap akan ada jalan raya pengisian daya nirkabel untuk penggunaan umum dalam beberapa tahun ke depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya