Ular Terbesar di Dunia Ditemukan, Bikin Kepo Orang-orang

Ilustrasi anaconda.
Sumber :
  • Pixabay/ Gerhard Gellinger

Brasil – Para ilmuwan telah menemukan spesies ular anaconda raksasa terbesar di Bumi di hutan hujan Amazon.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Ular ini tumbuh hingga 7,5 meter dan beratnya mencapai 500 kg. Para ilmuwan sedang bersama kru film ketika mereka menemukan spesies baru ini.

Anaconda adalah ular berbisa yang sangat besar dan tidak berbisa. Mereka hidup di dekat atau di dalam air. Sebelumnya, kita telah mengetahui empat spesies anaconda. Yang terbesar adalah anaconda hijau.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Dilansir dari Explorerweb, Senin, 26 Februari 2024, penelitian terbaru menunjukkan bahwa anaconda hijau memiliki dua spesies yang terpisah.

Ular anaconda.

Photo :
  • http://www.onvsoff.com/
Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Mereka terlihat sangat mirip sehingga para ahli hampir tidak dapat membedakannya, tetapi secara genetik mereka sangat berbeda - tepatnya lima setengah persen berbeda.

"Untuk menempatkannya ke dalam konteks, kami berbeda sekitar dua persen dari simpanse," kata Brian Fry, salah satu penulis penelitian ini, kepada National Geographic. Para peneliti telah pergi ke Amazon untuk mempelajari anaconda hijau.

Makhluk suci

"Tim kami menerima undangan langka dari masyarakat Waorani untuk menjelajahi wilayah tersebut dan mengumpulkan sampel dari populasi anaconda, yang dikabarkan sebagai yang terbesar yang pernah ada," jelas Fry dalam sebuah pernyataan.

"Para pemburu asli membawa kami ke dalam hutan dalam ekspedisi 10 hari untuk mencari ular-ular ini, yang mereka anggap suci." Lanjutnya.

Ilustrasi anaconda

Photo :
  • Pixabay/ Gerhard Gellinger

Bekerja sama dengan suku Waorani, mereka berhasil menangkap sejumlah ular raksasa di Amazon Ekuador.

"Ukuran makhluk-makhluk luar biasa ini sangat luar biasa. Satu anaconda betina yang kami temui memiliki panjang 6,3 meter," kata Fry. Seluruh penemuan ini terekam kamera untuk serial National Geographic yang akan datang, Pole to Pole bersama Will Smith.

Tim peneliti mengambil sampel darah dan jaringan dari ular-ular besar tersebut. Mereka juga mengamati ciri-ciri fisik ular tersebut, menghitung sisik dan melihat tanda dan warnanya.

Terpisah 10 juta tahun yang lalu

Perpecahan geografis dan genetik dengan cepat muncul. Anaconda di utara jelas berbeda dengan yang ada di selatan.

Analisis mengungkapkan bahwa mereka terpisah sekitar 10 juta tahun yang lalu. Mereka mengusulkan bahwa anaconda hijau terpecah menjadi dua kelompok: anaconda hijau selatan (Eunectes murinus) dan anaconda hijau utara (Eunectes akayima).

Ukuran tulang belakang Titanoboa cerrejonensis (kiri) dengan anaconda (kanan)

Photo :
  • www.washingtonpost.com/Jeff Gage/Florida Museum of Natural History

Pemisahan spesies ini sangat penting untuk upaya konservasi, menurut Fry. Saat ini, anaconda hijau digolongkan sebagai spesies yang "paling tidak perlu dikhawatirkan" oleh International Union for Conservation of Nature. Namun, hal ini akan berubah secara dramatis jika spesies ini dipisahkan.

"Ini penting karena anaconda hijau utara yang baru dideskripsikan memiliki wilayah jelajah yang jauh lebih kecil daripada anaconda selatan, (sehingga) jauh lebih rentan," kata Fry. Anaconda hijau utara juga lebih besar dari keduanya, yang membuatnya menjadi ular terbesar di dunia.

Seperti halnya banyak spesies di Amazon, kekhawatiran utama adalah ancaman dari manusia. Deforestasi untuk pertanian telah menyebabkan hilangnya 21-30 persen habitat.

Angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi 40% pada tahun 2050. Penambangan, kebakaran hutan, dan perubahan iklim juga mengancam spesies yang baru ditemukan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya