Situs Kampanye Obama Dijiplak Netanyahu

Mantan Presiden AS Barack Obama kampanye untuk Joe Biden dengan telepon
Mantan Presiden AS Barack Obama kampanye untuk Joe Biden dengan telepon
Sumber :
  • Twitter @barackobama

Sukses Obama memang menjadi inspirasi bagi setiap orang. Salah satu contohnya adalah Benjamin Netanyahu, pemimpin partai konservatif Likud di Israel, yang bakal bertarung di pemilihan perdana menteri di negerinya.

Situs kampanye Netanyahu, benar-benar merupakan 'titisan' situs kampanye Barack Obama. Bisa dibilang, situs Netanyahu itu merupakan versi bahasa ibrani dari situs kampanye Obama.

Pasalnya, mereka memang memiliki kesamaan mulai dari segi warna, ikon untuk menjaring donasi dan sukarelawan, penggunaan video, bahkan juga pemakaian beberapa jejaring sosial seperti Facebook, atau Twitter- yang tak begitu laku di sana.

Bila Obama menggunakan motto "Yes We Can", Netanyahu memakai istilah "Bersama kita bisa berhasil." Ini juga mirip dengan slogan kampanye Presiden SBY di pemilu lalu, "Bersama Kita Bisa."

"Imitasi adalah bentuk dari sebuah pujian yang tertinggi," ujar Ron Dermer, salah satu penasihat kampanye Netanyahu, seperti dikutip dari situs nytimes.com. Menurutnya, tim kampanye mereka berusaha belajar dari orang tersukses di bidangnya, dan meniru cara-caranya.

"Walaupun kita tidak akan menggunakan kata-kata kunci milik Obama: perubahan, kami percaya, bahwa Netanyahu merupakan kandidat sejati untuk perubahan di Israel," ujar Dermer.

Thomas Gensemer, salah seorang desainer situs Obama, juga mengakui kemiripan situs kampanye Netanyahu dengan Obama. "Sejauh yang saya tahu, tidak ada situs yang lebih mirip (dengan situs Obama), dari situs Netanyahu. Ketika kampanye Obama berhasil, orang-orang mencoba menirunya baik dari sisi fungsionalitasnya, maupun segi estetiknya."