LG Juga Klaim Pertama Kali Punya Ide Smartphone Berponi

Wakil Presiden Senior Apple Inc. untuk pemasaran global, Phil Schiller memperkenalkan iPhone X di Cupertino, California, AS, 12 September 2017.
Sumber :
  • REUTERS/Stephen Lam

VIVA – Desain notch atau poni pada smartphone telah diperkenalkan pertama kali oleh Apple lewat iPhone X. Banyak yang mengklaim jika ide itu bukan murni milik Apple. Salah satunya LG.

Serba-serbi iPhone 16 yang Bikin Penasaran

Produsen elektronik asal Korea Selatan itu mengaku jika mereka adalah yang pertama kali memiliki ide menggunakan poni pada smartphone. Nama yang diberikan LG untuk poni itu bukanlah Notch melainkan 'layar kedua'.

"Kami telah merencanakan desain notch itu pertama kali, jauh sebelum Apple hadir dengan iPhone X. Potongan kecil di bagian atas layar itu kami beri nama layar kedua," ujar CEO LG Mobile, Hwang Jeong-hwan, dikutip dari Trusted Reviews, Senin, 7 Mei 2018.

'Wajah' iPhone 16 Terungkap

Sayangnya, Hwang tidak bisa menunjukkan bukti apapun jika LG adalah yang pertama memiliki ide notch. Hwang mengaku jika hal itu merupakan pemikiran dari tim LG Mobile. Tak ada paten dan tak ada bukti fisik apapun yang menegaskan pernyataannya.

Oppo F7.

iPhone Lawas Jangan Coba-coba Update iOS 17

Apple menjadi vendor pertama yang berhasil memperkenalkan notch dalam desain smartphonenya. Namun sebuah produsen asal China, OPPO, memiliki bukti paten yang menegaskan jika desain tersebut merupakan ide mereka pertama kali. Jauh sebelum Apple iPhone X hadir.

Namun begitu, LG tidak hanya mengandalkan notch pada produk terbarunya, G7 ThinQ. LG mengaku sedang berupaya mengembangkan fitur emoji berbasis Augmented Reality (AR), seperti yang telah dilakukan oleh para pesaingnya. 

Diketahui, iPhone X memiliki Animoji sedangkan Galaxy S9 dan S9 Plus memiliki AR Emoji 

"Ke depan, semua produk LG akan dilengkapi fitur emoji kekinian ini. Upaya ini kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan konsumer yang ingin berlama-lama interaksi dengan smartphonenya," kata Hwang. (mal)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya