Fakta-Fakta iPhone 15 yang Baru Diluncurkan, Punya Warna Banyak

iPhone 15 Pro Max.
Sumber :
  • Apple

VIVA Tekno – Apple baru saja meluncurkan iPhone 15 dan iPhone 15 Pro Max di acara ‘Wonderlust’ yang berlangsung di Apple Park di Cupertino, California, Amerika Serikat (AS). Peluncuran iPhone 15 bersamaan dengan perangkat lain seperti Apple Watch.

Penjualan Tablet Sudah Ada Titik Terang

"iPhone 15 Pro Max mewakili inovasi terbaik Apple karena membawa fitur-fitur canggih. Mulai dari desain, kamera, hingga performa. iPhone generasi terbaru ini mendorong Apple untuk ‘bergerak lebih jauh’,” kata CEO Apple Tim Cook, seperti dilansir dari Financial Times, Rabu, 13 September 2023.

Lalu, iPhone 15 juga tersedia dalam lima varian warna yang menarik, yaitu Black, Blue, Green, Yellow, dan Pink.

Ada yang Hilang dari Apple iPad Pro M4

CEO Apple Tim Cook.

Photo :
  • cafef
Apple Mau Keluarkan 2 Perangkat Lipat, Hanya Dijual untuk Orang Super Kaya

Berikut fakta-fakta iPhone 15:

Lebih ringan karena menggunakan bahan Titanium

Material iPhone 15 Pro dan Pro Max terbuat dari titanium grade 5 yang memungkinkan bobot lebih ringan. Apple mengklaim material ini juga lebih tahan banting ketimbang stainless steel yang digunakan pada seri sebelumnya.

Sebab, titanium yang sama digunakan pada rover yang menjelajahi Mars di antariksa, ujar Apple. Meski, konsekuensinya adalah varian warna pada iPhone 15 Pro dan Pro Max tak bisa 'seluwes' iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

‘Action Button’ lebih kompleks

Beranjak ke fitur lain, seri iPhone 15 Pro kini dilengkapi 'Action Button' seperti Apple Watch. Tombol ini akan mengenali tekanan untuk mengganti mode yang diinginkan. Misalnya untuk meluncurkan voice memo, kamera, atau mengaktifkan fitur aksesibilitas.

Kamera

Seperti yang sering terjadi, iPhone Apple tahun ini mengejar model Pro dari tahun lalu, tetapi iPhone 15 adalah peningkatan yang cukup besar dari pendahulunya.

Salah satu fitur unggulan dari iPhone 15 Pro Max adalah kamera utamanya yang beresolusi 48MP dengan aperture f/1.78. Kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.

Kamera ini juga dilengkapi dengan sensor-shift OIS yang merupakan teknologi stabilisasi gambar yang biasanya digunakan pada kamera profesional.

Selain itu, kamera ini juga memiliki kemampuan 5x optical zoom yang memungkinkan pengguna untuk mendekatkan objek tanpa kehilangan detail. Kamera ini juga didukung oleh Photonic Engine yang merupakan mesin pemrosesan gambar canggih dari Apple.

iPhone 15 Pro Max juga memiliki kamera ultra-wide beresolusi 12MP dengan aperture f/2.4 dan sudut pandang 120 derajat.Kamera depan iPhone 15 Pro Max beresolusi 12MP dengan aperture f/1.9.

Kamera ini memiliki fitur TrueDepth yang bisa digunakan untuk mengenali wajah pengguna dan mengaktifkan fitur FaceID untuk membuka kunci layar. Kamera ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan HDR dan Dolby Vision hingga resolusi 4K.

USB type C

Pada seri kali ini menandai transisi charger port Apple dari Lighting ke USB-C sebagai standar pengisian daya handphone. Port tersebut sudah diadopsi ke lini iPhone, iPad, dan MacBook.

Hal ini dilakukan setelah Uni Eropa mewajibkan seluruh perangkat yang akan dipasarkan di sana untuk menggunakan pengisian daya USB-C.

Dynamic Island

Bukan hanya kameranya yang bersinar, seperti bocoran yang beredar, semua seri iPhone 15 sudah dilengkapi dengan Dynamic Island yang tadinya eksklusif bagi varian Pro di seri iPhone 14.

Dynamic Island adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai fungsi dengan menekan tombol di sisi atas layar.

Beberapa fungsi yang tersedia melalui Dynamic Island antara lain ProMotion, Extreme Dynamic Range, Always On Display, StandBy Mode, dan Roadside Assistance melalui satelit.

iPhone 15 Pro.

Photo :
  • TechCrunch

Ukuran

IPhone 15 hadir dalam dua ukuran. IPhone 15 memiliki layar Super Retina XDR 15 inci, sedangkan 15 Plus berukuran jumbo 6,7 inchi. Kedua ponsel tersedia dalam berbagai warna, dan diisi daya melalui USB-C untuk pertama kalinya.

Layar Teknologi ProMotion Display yang memungkinkan perangkat untuk menampilkan refresh rates 120Hz juga dipastikan akan tetap terpasang secara ekslusif untuk varian papan atas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya